Abstrak


Perbedaan status insomnia antara orang dewasa yang melakukan yoga dengan yang tidak melakukan yoga


Oleh :
Muhammad Syukri Kurnia Rahman - G0011129 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Lama dan kualitas tidur seseorang harus terpenuhi agar keseimbangan hidupnya terjaga, dimana kualitas ini dipengaruhi oleh ganggan tidur yang dialami. Gangguan tidur yang paling banyak ditemukan adalah insomnia, namun tidak banyak penelitian terkait hal ini. Perlu sebuah solusi bagi penderita insomnia untuk mengembalikan keseimbangan hidupnya. Yoga dikenal sebagai terapi alternatif yang dapat mengembalikan keseimbangan hidup seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan status insomnia antara orang dewasa yang melakukan yoga dengan orang dewasa yang tidak melakukan yoga.
Metode Penelitian : Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel 74 terdiri dari 37 orang dewasa yang melakukan yoga aktif dan 37 yang tidak melakukan yoga sebagai kontrol. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner LMMPI dan Insomnia Rating Scale. Analisis data dilakukan dengan menggunakan chi square.
Hasil Penelitian : Dari total 74 sampel, 15 orang (20,3%) menderita insomnia berasal dari kelompok tidak yoga, sedangkan dari kelompok yoga aktif tidak ada sampel yang menderita insomnia. Ada perbedaan sangat signifikan (p = 0.000) antara orang dewasa yang melakukan yoga dengan orang dewasa yang tidak melakukan yoga.
Simpulan. Ada perbedaan status insomnia antara orang dewasa yang melakukan yoga dengan yang tidak melakukan yoga.
Kata kunci : Insomnia, yoga, tidak yoga.