Abstrak


Aplikasi pengenalan alat musik tradisional indonesia berbasis android


Oleh :
Ryan Wahyu Andrioko - M3111131 - Fak. MIPA

Alat musik tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Di zaman sekarang musik tradisional Indonesia jarang diminati atau bahkan jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia yang dikarenakan adanya arus globalisasi dan modernisasi. Maka dari itu penulis membuat sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi modern untuk mengenalkan konten warisan budaya Indonesia.
Penulis membuat sebuah aplikasi pengenalan alat musik tradisional Indonesia berbasis android. Dalam aplikasi ini terdapat konten pengenalan alat musik tradisional yang berupa gambar, artikel singkat serta contoh suara alat musik tradisional tersebut. Dalam aplikasi ini juga terdapat kuis atau permainan yakni kuis tebak gambar dan tebak suara.
Aplikasi telah berhasil diuji pada device Andromax U dan Vandroid T1J dan hasilnya berhasil menjalankan aplikasi sesuai dengan perancangannya. Untuk menguji kualitas aplikasi yang telah dibuat, penulis memberikan kuisioner kepada 36 responden tentang aspek penyampaian informasi dan pembelajaran dari aplikasi, aspek visual yang ditampilkan, dan aspek pengembangan aplikasi. Hasilnya adalah 77% responden menilai aplikasi bermanfaat dalam pembelajaran alat musik tradisional Indonesia, 89% responden menilai tampilan user-friendly dan sesuai dengan tema, dan 79% responden menilai pengembangan aplikasi pembelajaran berupa aplikasi  dinilai lebih menarik.
Kata Kunci : Alat Musik Tradisional, Aplikasi Pengenalan, Multimedia