Abstrak


Peningkatan hasil belajar pukulan depan pencak silat melalui metode pendekatan bermain pada siswa kelas vii i smp n 8 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015


Oleh :
Candra - K4610099 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pukulan depan pencak silat siswa kelas VII I SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014 / 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014 / 2015 berjumlah 30 siswa. Sumber data adalah siswa,guru dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar pukulan depan pencak silat dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar pukulan depan pencak silat siklus I sebesar 63,33% atau 19 dari 30 siswa. Pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar pukulan depan pencak silat mencapai 86,67% atau 26 dari 30 siswa, sedangkan 4 siswa tidak tuntas dengan KKM 2,66. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui metode peendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar pukulan depan pencak silat pada siswa kelas VII I SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015
Kata Kunci: hasil belajar, pukulan depan pencak silat, metode bermain.