;

Abstrak


Hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap tentang penyakit menular seksual dan motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan tes prevention of mother to child of hiv transmission pada ibu hamil ( Di Puskesmas Campurejo, Kota Kediri)


Oleh :
Rizky Nur Vitasari - S541302130 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang : HIV/AIDS merupakan penyebab utama kematian perempuan usia reproduksi. Infeksi HIV pada ibu hamil dapat mengancam kehidupan ibu serta ibu dapat menularkan virus terhadap bayinya. Lebih dari 90% kasus anak terinfeksi HIV/AIDS, ditularkan melalui proses penularan dari ibu ke anak. Data estimasi UNAIDS/WHO (2009) juga memperkirakan 22.000 anak di wilayah Asia-Pasifik terinfeksi HIV dan tanpa pengobatan, setengah dari anak yang terinfeksi tersebut akan meninggal sebelum ulang tahun kedua.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap tentang penyakit menular seksual, dan motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan tes prevention of mother to child of hiv transmission pada ibu hamil ( di puskesmas campurejo, kecamatan mojoroto, kota kediri).
Metode :Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan sampel sebanyak 45 orang dengan teknik pengambil sampel proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada ibu hamil. Teknik analisis data menggunakan regresi logistik ganda.
Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistic signifikan (OR= 8,60; CI=95%; 1,08 hingga 68,56; p = 0,042). Ada hubungan antara sikap tentang penyakit menular seksual dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistik signifikan (OR= 8,52; CI=95%; 1,19 hingga 60,95; p = 0,033). Ada hubungan antara motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistik signifikan (OR= 27,58; CI=95%; 2,06 hingga 369,58; p = 0,012).
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Motivasi dan Kesediaan melakukan tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission