Abstrak


Manajemen Risiko Produk Pembiayaan Mudharabah Di Bank Syariah Mandiri KCP Karanganyar Palur


Oleh :
Mehilda Rosdaliva - F3612053 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

MANAJEMEN RISIKO PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH
DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP KARANGANYAR PALUR


MEHILDA ROSDALIVA
F 3612053


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami prosedur pembiayaan mudharabah, kebijakan manajemen risiko pembiayaan mudharabah, permasalahan dan penerapan strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Karangnyar Palur.
Data penelitian menggunakan data primer. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dengan karyawan BSM KCP Karanganyar Palur. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah prosedur pembiayaan mudharabah menekankan pada aspek kelengkapan dokumen pengajuan pembiayaan dan hasil pelaksanaan investigasi. Nasabah diwajibkan membuat surat pernyataan dan surat sanggup/askep/promes bermaterai 6000 yang telah disediakan pihak BSM KCP Karanganyar Palur. Pembiayaan tersebut mengacu pada PBI No: 13/25/PBI/2011, Fatwa DSN No: 07/DSN-MUI/IV/2000, SE No: 17/016/PEM 2015, SE No: 16/077PEM, SE No: 16/054/PEM 2014, SE No: 15/060/PEM. Dari beberapa permasalahan pembiayaan mudharabah, terdapat empat jenis yang sering terjadi. BSM sulit memperoleh data biaya pengelolaan usaha debitur, adanya risiko ketidakpastian, adanya moral hazard, terjadi idle fund atau short fund. Strategi yang digunakan oleh BSM KCP Karanganyar Palur adalah penerapan prinsip pengawasan, kegiatan monitoring dan review, manajemen penyelamatan pembiayaan dan kerjasama pembiayaan.
Saran penelitian ini adalah perlu adanya sosialisasi produk BSM, prudential banking practice ditingkatkan, meningkatkan kepekaan dan ketelitian dalam mendapatkan informasi debitur.

 

Kata Kunci : Pembiayaan Mudharabah, Manajemen Risiko, Masalah dan Strategi Bank Syariah Mandiri KCP Karanganyar Palur.