Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Memahami Pokok Pikiran Yang Terkandung Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pada Siswa Kelas X IIS SMAN


Oleh :
Dian Eka Putri - K6411021 - Fak. KIP

ABSTRAK
Dian Eka Putri. K6411021. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI POKOK PIKIRAN YANG TERKANDUNG DALAM PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 PADA SISWA KELAS X IIS SMAN 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015.
    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap penguasaan kompetensi dasar memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 5 Surakarta.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak 64 peserta didik, 32 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 32 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi, pengamatan, tes subyektif, dan angket. Ketetapan dan kesahihan untuk tes penguasaan kompetensi dasar memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, angket CORE digunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan adalah validitas internal. Pengujian validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Uji T.Test.
    Hasil penelitian ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dapat meningkatkan penguasaan kompetensi dasar memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data yang menyebutkan bahwa ?t ?_hitung > ?t ?_tabel yaitu 3,042 > 1,992. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap penguasaan kompetensi dasar memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 5 Surakarta.