Abstrak


Asuhan Kebidanan Pada Ny.H Dengan Menometroragia Disertai Hipertensi Ringan Di Bangsal Bougenvil RSUD Sukoharjo


Oleh :
Latifah Nur Alifia - R0312089 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latifah Nur Alifia. R0312089. 2014. ASUHAN KEBIDANAN PADA NY. H DENGAN MENOMETRORAGIA DISERTAI HIPERTENSI RINGAN DI RSUD SUKOHARJO. Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Latar belakang Angka kejadian menometroragia di RSUD Sukoharjo tahun 2014 sebesar 28,3%. Prevalensi angka kejadian hipertensi di Indonesia (Riskesdas 2013) sebesar 25,8%.
Tujuan: Untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada menometroragia disertai hipertensi ringan di RSUD Sukoharjo.
Metode: Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian Ny.H dengan menometroragia disertai hipertensi ringan. Tempat : RSUD Sukoharjo. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah varney dan SOAP.
Hasil: Ny.H datang dengan keluhan menstruasi selama 20 hari, jumlah darah banyak. Hasil pemeriksaan dalam dan inspekulo dalam batas normal, pengeluaran pervaginam berupa darah. Tekanan darah 160/100mmHg. Pemberian terapi berupa injeksi asam traneksamat 500mg/8jam, captopril 50mg/8jam, amlodipine 10mg/24jam, tindakan kuretase. Setelah perawatan 1 hari post Kuretase, kondisi pasien membaik, perdarahan berhenti, tekanan darah 150/100mmHg. Tidak terdapat kesenjangan antara teori dan praktik.
Kesimpulan: Ny.H dengan menometroragia disertai hipertensi ringan telah mendapatkan terapi dan tindakan seperti diatas, perawatan suportif selama 4 hari, perdarahan berhenti, hipertensi belum teratasi. Tidak terdapat kesenjangan antara teori dan praktik.

Kata kunci: Asuhan Kebidanan, Menometroragi, Hipertensi Ringan