Abstrak


Konsep Lembaga Negara pada Masa Pemerintahan Khalifah Umar Bin Khatha>B (634-644 M)


Oleh :
Nurul Fatimah - C1010030 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Umar ibn Khatta>b adalah salah satu Khalifah besar umat Islam dalam sejarah umat Islam yang banyak melakukan penaklukan wilayah dalam masa pemerintahannya selama sepuluh tahun, wilayahnya terbentang dari barat hingga timur, dari jazirah Arab hingga benua Afrika. Adanya perluasan wilayah yang semakin besar, maka timbul polemik bagaimana cara mengatur wilayah yang semakin luas, sehingga dari sebab itu Umar mencetuskan untuk membuat konsep lembaga negara yang efektif.
Berangkat dari latar belakang diatas, ada dua permasalahan yang dirumuskan, pertama apa yang melatarbelakangi pemikiran Umar ibn Khatha>b dalam membentuk lembaga negara, kedua bagaimana konsep Umar ibn Khatha>b dalam penerapan lembaga negara.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu metode dengan cara menguraikan sekaligus menganalisis. Metode deskriptif digunakan untuk menyajikan data dengan mendeskripsikan biografi Umar ibn Khatha>b dan sebab Umar dalam membentuk lembaga negara, kemudian di analisis lembaga negara apa saja yang terbentuk pada masa pemerintahan Umar ibn Khatha>b, dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik library research
Hasil penelitian ini adalah: Umar ibn Khatha>b adalah Khalifah pertama yang membuat pembentukan lembaga negara yang di dalamnya terdapat enam departemen: pembagian wilayah, departemen keamanan, departemen kehakiman, baitul ma>l, departemen pendidikan dan agama, dan lembaga permusyawaratan.
Kata kunci: Lembaga Negara, Konsep, Umar ibn Khatha>b
ABSTRACT
Umar ibn Khatha>b was one greatest Khalifah of Muslim Society in history which done many expansions in his ten years periode. The regions were belong under his power from West to East, from Arabic Jazeera into Africa. Based on this expansions which emerge some problems need a concept to arrange the regions, Umar decided a concept of state institutions effectively.
According the situation, there are two points that will elaborate in this thesis; the first, what is the factors that influence Umar ibn Khathab in forming state institutions and second, how is Umar ibn Khathab’s concept in implementing the political institutions.
This research using descriptive analysis method, which is explaining and analysing. Descriptive method is used to serve data descriptively, in this case, describe Umar ibn Khathab biography, factors that influences his concept of forming state institutions and analysis the state institutions that formed in his government. Techniques of research is library research
The result of this research is: Umar ibn Khathab was the first Khalifah who made the state institutions which inside the institutions are: division of region, safety department, court department, baitul ma>l, education and religion department, and deliberation institution.
Keywords: State Institutions, Umar Ibn Khatha>b, Concept