Abstrak


Form and Stucture Sarang Burung Manyar sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Keramik


Oleh :
Yesti Marsela Maharani - C0611023 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Tugas Akhir ini memvisualisasikan gagasan pemikiran penulis dalam bentuk karya keramik dengan teknik slab dan pinch, yang menjadikan bentuk dan struktur sarang burung manyar sebagai sumber ide. Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu; 1.     Bagaimana ragam bentuk struktur anyaman rajutan sarang burung manyar? 2. Bagaimana mengolah atau mengembangkan struktur anyaman sarang burung manyar ke dalam karya seni keramik?3.    Bagaimana memvisualisasikan estetika struktur anyaman sarang burung manyar ke dalam karya keramik?
Tujuan Tugas Akhir ini adalah 1. Mendeskripsikan ragam struktur sarang burung manyar. 2. Mengolah susunan bentuk struktur anyaman sarang burung manyar ke dalam konsep karya seni keramik.3. Memvisualisasi gagasan estetika struktur sarang burung manyar ke dalam suatu karya seni keramik menggunkan teknik pinch.
Impementasi yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah Implementasi Teoritik dan Implementasi Visual. Implementasi Teoritik mencakup tinjauan karya secara teoritik dan konseptual penulis. Implementas Visual mencakup bahan, konsep bentuk, proses, teknik, dan penyajian karya.
Dasar dalam pembuatan karya keramik ini adalah pengetahuan tentang karakteristik dan keunikan burung manyar ketika membangun sarang. Kemudian bentuk dan struktur sarang yang dibangun dituangkan atau diekspresikan menjadi sebuah karya keramik.
Pada pembuatan karya keramik tersebut, penulis memvisualisasikan bentuk dan sruktur sarang burung manyar, dengan stilasi lekukan dan rajutan struktur anyaman yang membentuk sehingga membentuk bentuk baru dari sarang burung manyar sesuai dengan imajinasi penulis.
Teknik yag digunakan pada pembuatan karya ini adalah teknik slab (slabbing) dan teknik pijat (piching). Hal tersebut dikarenakan dari berbagai pertimbangan teknik tersebut  dapat mempermudah pembentukan clay sesuai dengan imajinasi penulis, dan dapat dengan mudah mengontrol tebal tipis karya yang telah dibentuk.
Kata kunci: Burung Manyar; Keunikan Bentuk dan Struktur Sarang Manyar; Teknik Pinching and Slabbing; Seni Keramik.