Abstrak


Peran Syariah Funding Executive (SFE) Pada Bank Syariah Mandiri, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur Dalam Memasarkan Produk Simpanan


Oleh :
Arif Yulianto Pratama - F.3612012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Peran Syariah Funding Executive (SFE) pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur dalam Memasarkan Produk Simpanan

Arif Yulianto Pratama

F3612012

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Syariah Funding Executive (SFE) pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Palur, Tbk. dalam memasarkan produk simpanan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode  dengan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis, faktual, akurat mengenai suatu objek yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Syariah Funding Executive (SFE) memiliki prosedur kerja yang berhubungan langsung terhadap nasabah produk simpanan di lapangan. Peran Syariah Funding Executive (SFE) yaitu sebagai marketing dana (funding) simpanan untuk peningkatan Number of Account (NOA) dan dana tabungan. Kendala Syariah Funding Executive (SFE) dalam memasarkan produk simpanan yaitu kendala pengenalan produk untuk nasabah baru. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu: strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk.
Pimpinan cabang Bank Syariah Mandiri KCP. Palur sebaiknya memberikan pedoman yang jelas mengenai prosedur kerja dari Syariah Funding Executive (SFE). Peran Syariah Funding Executive perlu dievaluasi dan diawasi secara berkala. Peningkatan pelayanan yang efektif dapat menjadi solusi untuk mengurangi kendala dalam pemasaran. Selain itu Syariah Funding Executive dapat melakukan strategi pengembangan pasar dan diversifikasi pasar.

Kata Kunci: Syariah Funding Executive, produk simpanan, strategi pemasaran