Abstrak


Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi (Studi Kasus Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar)


Oleh :
Hesti Indah Mifta Nur’aini - K1211027 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, kendala, dan upaya untuk mengatasi kendala dalam implementasi Kurikulum 2013, khususnya pada pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama tujuh bulan, yaitu pada bulan Oktober 2014 hingga April 2015 dengan menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini antara lain peristiwa pembelajaran menulis teks eksposisi, informan (guru dan siswa), dan dokumen (silabus dan RPP). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan anngket. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran menulis teks ekposisi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (a) RPP yang disusun guru sudah sesuai dengan prinsip yang tertera dalam PermendikbudNomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah;(b) Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar dilaksanakan dengan pendekatan saintifik, pembelajaran berpusat pada siswa, serta menghasilkan siswa yang kreatif; dan (c) Proses penilaian keterampilan menulis teks eksposisi dilaksanakan dengan penilaian autentik, (2) kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi meliputi kendala guru, kendala siswa, dan kendala di luar guru dan siswa, dan (3) berbagai strategi dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut antara lain dengan memaksimalkan peran MGMP dalam menyusun perencanaan berupa RPP, pemilihan metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta mengupayakan berbagai strategi alternatif untuk mengatasi kendala dari luar guru dan siswa.
Berdasarkanhasil pengkajianimplementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar  dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi, masih diperlukan perbaikan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian mengingat masih terdapat kendala-kendala dalam implementasi Kurikulum 2013. Hal itu demi mewujudkan implementasi Kurikulum 2013 yang sesuai dengan konsep dan peraturan yang telah dibuat pemerintah sehingga kesenjangan antara konsep kurikulum dengan pelaksanaannya di lapangan dapat diminimalisasi
Kata kunci: implementasiKurikulum 2013, pembelajaran menulis teks eksposisi,
siswa kelas X SMK