Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Sebab Akibat Melalui Media Flip Chart Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri Mangkuyudan No.02 Surakarta


Oleh :
Elferisa Metty Wandini - K7111053 - Fak. KIP

Elferisa Metty Wandini. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEBAB AKIBAT MELALUI MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUYUDAN NO.02 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf sebab-akibat melalui media flip chart pada siswa kelas III SD Negeri Mangkuyudan No. 02 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Mangkuyudan No. 02 Surakarta yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan validitas isi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis paragraf sebab-akibat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal tiap siklusnya. Nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf sebab-akibat pada saat pratindakan yaitu 54,79 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 20,59%, siklus I nilai rata-rata 74,26 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,59%, dan siklus II nilai rata-rata 84,41 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,18%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf sebab-akibat pada siswa kelas III SD Negeri Mangkuyudan No. 02 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015.