Abstrak


Harmonisasi Prinsip Business Judgment Rule dalam Pengelolaan Persero di Indonesia (Studi Kasus Sewa Pesawat Merpati)


Oleh :
Brian Purbojati Zakariya - E0011060 - Fak. Hukum

ABSTRAK
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui harmonisasi prinsip Business Judgment Rule dalam pengelolaan Persero di Indonesia dan bagaimana penerapan prinsip tersebut dengan studi kasus sewa pesawat Merpati.
Penelitian hukum ini menggunakan penelitian hukum normatif untuk mengetahui harmonisasi prinsip tersebut dengan perundang-undangan di Indonesia dan menggunakan sifat penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data atau bahan hukum yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden data sekunder yang diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan, dokumen, buku, dan laporan-laporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan studi kepustakaan dan wawancara. Berikutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yakni telah terjadi harmonisasi prinsip Business Judgment Rule dalam pengelolaan Persero di Indonesia yang diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Namun dalam penerapannya masih belum berjalan optimal. Berdasarkan dari studi kasus sewa pesawat Merpati, Prinsip Business Judgment Rule tetap belum bisa melindungi keputusan Direksi Yang diambil dengan proses yang benar
Kata Kunci: Harmonisasi, Business, Judgment, Rule
ABSTRACT
This legal research aims to determine whether the harmonizing of principles of the Business Judgment Rule in the management of Limited Liability Company in Indonesia and how the application of these principles to the case of the leasing of Merpati Airlines.
This legal research is using normative legal research to determine whether the harmonizing of that principles within Indonesia’s regulations and using the properties of descriptive with qualitative methods. Data or legal materials that used in this research are primary data that obtained directly from responden, and secondary data were obtained from the literature materials, documents, books, and reports. Techniques of data collection is done by literature study and interviews. This legal research analyzed by qualitative descriptive technique.
Based on the results of research there are conclusion that there has been a harmonizing of principles of the Business Judgment Rule in the management of Limited Liability Company in Indonesia set out in Indonesia’s regulations. But in its application is still not running optimally. Based on the case study of the leasing of Merpati Airlines, principles of Business Judgment Rule still not been able to protect the correct process of decisions that taken by the Board of Directors.
Keywords: Harminizing, Business, Judgment, Rule