Abstrak


Pengaruh konsentrasi cadmium dalam tanah inceptisol dan vertisol terhadap kandungan cadmium dalam beras (Oryza Sativa)


Oleh :
Listyaningrum - - Fak. Pertanian

Penelitian ini dilaksanakan di rumah kasa Loka Penelitian Pencemaran Lingkungan, Jakenan, Pati, dilanjutkan analisis kimia di Laboratorium Pusat Subbagian Kimia Universitas Sebelas Maret dan Laboratorium Kesuburan Tanah Balai Penelitian Tanah, Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian beberapa konsentrasi Cd pada tanah sawah Inceptisol dan Vertisol terhadap akumulasi  Cd pada beras.

Penelitian ini merupakan penelitian kausal hubungan fungsional komparatif dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 2  jenis tanah (1) Inceptisol dan (2) Vertisol dan taraf pemberian konsentrasi Cd yaitu 0; 0,1; 0,2 ; 0,4 ; 0,6 erapan maksimum masing-masing tanah. Analisis data menggunakan uji F dilanjutkan dengan Uji Kontras d.b. Ganda untuk membandingkan perlakuan dalam satu kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi Cd terlarut pada tanah Vertisol lebih rendah dibandingkan pada tanah Inceptisol. Pemberian konsentrasi Cd  pada kedua jenis tanah mempengaruhi besarnya kandungan Cd beras yang kandungannya semakin tinggi dengan meningkatnya konsentrasi Cd dalam tanah. Pemberian konsentrasi Cd pada tanah Vertisol taraf 150 mg kg-1 mulai mengganggu pertumbuhan tanaman, menurunkan jumlah malai, jumlah anakan dan bobot jerami kering. Sedangkan pada tanah Inceptisol sampai taraf pemberian 60 mg kg-1 Cd belum mengganggu pertumbuhan tanaman dan menunjukkan semakin tinggi konsentrasi Cd yang diberikan sebanding dengan meningkatnya kandungan Cd dalam beras.