Abstrak


Reduplikasi Adjektiva dalam Bahasa Indonesia


Oleh :
Luthfiona Byan - C0210038 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Penelitian tentang Reduplikasi Adjektiva dalam Bahasa Indonesia ada dua masalah, yaitu (1) tipe-tipe dan arti reduplikasi adjektiva dalam bahasa Indonesia dan (2) proses pembentukan reduplikasi adjektiva dalam bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif infleksi dan derivasi. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tipe-tipe dan arti reduplikasi adjektiva dalam bahasa Indonesia dan mendeskripsikan proses pembentukan reduplikasi adjektiva dalam bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif infleksi dan derivasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bersifat kualitiatif. Objek dalam penelitian ini yaitu bentuk reduplikasi adjektiva, sedangkan data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung bentuk reduplikasi adjektiva. Data dalam penelitian ini diperoleh dari surat kabar Kompas dan Suara Merdeka, serta novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik catat. Adapun teknik penyajian analisis data menggunakan teknik penyajian formal dan informal.
Berdasarkan analisis data diperoleh dua simpulan, yakni: (1) reduplikasi adjektiva memiliki 10 tipe beserta artinya masing-masing, yaitu tipe (D + R) memiliki 7 arti, tipe ((D + R) + ber-) memiliki 1 arti, tipe ((D + R) + ter-) memiliki 3 arti, tipe ((D + se-) + R) memiliki 1 arti, tipe ((D + R) –an) memiliki 2 arti, tipe ((D + R) + -nya) memiliki 1 arti, tipe ((D + R) + ber-/-an) memiliki 2 arti, tipe ((D + ke-/-an) + R) memiliki 1 arti, tipe ((D + R) + se-/-nya) memiliki 1 arti, dan tipe (D + Rperk) memiliki 1 arti; (2) proses pembentukan reduplikasi adjektiva infleksional terdapat 9 tipe, yaitu tipe (D + R), tipe ((D + R) + ber-), tipe ((D + ter-) + R), tipe ((D + se-) + R), tipe ((D + R) + -an), tipe ((D + R) + -nya), tipe ((D + ke-/-an) + R), tipe ((D + se-/-nya) + R), dan tipe (D + Rperk), sedangkan proses pembentukan adjektiva derivasional terdapat 5 tipe, yaitu tipe (D + R), tipe ((D + R) + ter-), tipe ((D + R) + -an), tipe ((D + R) + ber-/-an), dan tipe ((D + R) + se-/-nya).