Abstrak


Desain Motif Batik Kontemporer dengan Sumber Ide Robot


Oleh :
Arief Satriyo Wibowo - C0910010 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan motif batik kontemporer dengan tema kekinian yakni teknologi yang di identikan dengan visual robot, menjadi motif tekstil yang akan difungsikan menjadi busana remaja laki-laki masakini. Alasan pemilihan visual robot karena merupakan penggambaran dunia modern yaitu dunia digital, sekaligus menawarkan visual yang unik, menarik, dinamis dan futuristik.
Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif batik kontemporer dengan pengolahan visual teknologi yakni robot dengan pertimbangan fungsi busana remaja laki-laki masakini.
Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni mertode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini sebagai berikut: (1) Perancangan motif batik kontemporer dengan sumber ide robot berhasil membuat 12 desain motif (desain repeat). Keseluruhan desain motif mengolah visual robot berupa motif utama yang mengambil terdiri atas robot humanoid dengan karakter-karakter yang berada di dalam robot, karakter teknologi, dan karakter remukan pada batik sebagai motif pendukung. Ke 12 desain motif yang dibuat secara keseluruhan menawarkan sensasi visual yang bercita rasa modern atau kekinian dengan menampilkan bentuk visual robot yang identik dengan teknologi modern dengan karakternya yang kaku karena bentuk geometris diolah dengan warna-warna yang hangat menjadi busana remaja masakini yang dinamis, dan mengikuti perkembangan gaya hidup modern. (2) Pengaplikasian desain motif robot yang full repeat ke busana anak remaja khususnya laki-laki menghasilkan busana yang berkesan catchy, playfull, dan masa kini ke arah casual. Kriteria pengaplikasian desain motif yang eksklusif untuk remaja, dimana remaja lebih suka dengan sesuatu yang eksklusif, lain daripada yang lain dan tidak ada yang menyamai dipasaran (produk terbatas). selain itu proses produksinya pun eksklusif, masih banyak pengrajin yang belum bisa membuat motif batik dengan proses perintangan malam dingin dan malam yang diberi warna.
Kata Kunci : Robot, Batik Kontemporer, Sablon Malam