Abstrak


Kajian Desain Produk Batik Tulis di Kabupaten Sukoharjo pada Era Sekarang


Oleh :
Ika Nurrahmawati - C0910025 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah desain produk batik tulis di Sukoharjo pada era sekarang dan latar belakang pengusaha batik tulis masih tetap memproduksi batik tulis pada era sekarang.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui desain produk batik tulis di Kabupaten Sukoharjo pada era sekarang, (2) Mengetahui latar belakang pengusaha batik tulis mempertahankan produksi batik tulis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di daerah Bekonang dan Kedunggudel Kabupaten Sukoharjo.Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji produk batik tulis adalah dengan pendekatan desain. Pengambilan sempel menggunakan teknik cuplikan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observaisi berperan pasif dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah narasumber (informan), benda, lokasi dan aktivitas. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah (1) Desain produk batik tulis di Sukoharjo diproduksi dengan mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya: aspek fungsi, aspek estetika, aspek bahan, aspek proses, aspek mode. Fungsi produk batik tulis digunakan sebagai bahan pakaian dan produk fungsional seperti pakaian jadi, sajadah dan jarik. Jenis motif yang dihasilkan adalah jenis motif tradisional dan kontemporer. Material yang digunakan adalah kain primissima dan zat warna sintetis dan zat warna alami. Teknik yang digunakan adalah teknik batik tulis lorodan, pekalongan dan kelengan. (2) Latar belakanng pengusaha batik tulis masih memproduksi batik tulis sangat bermacam-macam dipengaruhi oleh faktor ekonomi yaitu modal yang digunakan untuk pembuatan batik tulis tidak terlalu banyak, faktor sosial-budaya biasanya produk batik tulis diproduksi untuk kalangan ekonomi menengah keatas, dan faktor teknologi produk batik tulis menggunakan teknologi yang lebih mudah dijumpai dipasaran dan harganya pun relatif lebih murah.
Kata Kunci: Desain Produk Batik Tulis, Sukoharjo