Abstrak


Dampak Pengembalian Pita Cukai Terhadap Penerimaan di KPPBC Tipe Madya Pabean B Yogyakarta


Oleh :
Amin Joniantoro - F3412008 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembalian pita cukai dan pengaruh yang ditimbulkan dari pengembalian pita cukai terhadap penerimaan cukai di KPPBC Tipe Madya Pabean B Yogyakarta. Pendapatan dari sektor cukai diharapakan mampu memberi kontribusi yang besar dalam meningkatkan penerimaan di KPPBC Tipe madya Pabean B Yogayakarta selain dari penerimaan sektor pabean.
Sehubungan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian yang dilakukan penulis dilakukan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembalian pita cukai yang dilakukan perusahaan dan pengaruhnya terhadap penerimaan di KPPBC Tipe madya Pabean B Yogayakarta.
Pengembalian pita cukai yang dilakukan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai karena adanya pita cukai yang rusak dan pita cukai yang telah kedaluawarsa masa pelekatannya. Setiap keping pita cukai terdapat tahun anggaran dan batas waktu pelekatan. Batas waktu pelekatan yang diberikan pada pita cukai 1 tahun terakhir sebelum tahun anggaran yang sedang berjalan.
Kata kunci: Prosedur, pengembalian, pita cukai, penerimaan.
ABSTRACT
This study aims to know procedure of excise band returns and influences arising of excise band returns acceptance in KPPBC of pabean madya type B Yogyakarta. Revenue from excise sector is expected to give a major contribution in improving the reception in KPPBC of pabean madya type B Yogyakarta.
Based on these objectives, the study uses observation, interviews, documentation, and literature. These techniques of data collecting is used to know procedure of excise band returns and influences arising of excise band returns acceptance in KPPBC of pabean madya type B Yogyakarta.
Excise band returns was conducted at the Office of Surveillance and Customs and Excise because of the damaged excise stamps and excise stamps that have expired period of attachment. Each excise stamp contained of the budget year and deadline sticking. The deadline given to sticking excise stamps 1 last year before the budget year is running.
Keywords: procedure, refund, excise bands, reception.