Abstrak


Penggalian Potensi Pajak Parkir pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2011-2014


Oleh :
Cintya Anggun Lestari - F3412023 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari studi ini adalahuntuk  mengetahuisistem pemungutan, kontribusi, potensi pajak parkir. Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memperngaruhi penerimaan pajak parkir, upaya-upaya yang dilakukan, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh DPPKAD Karanganyar dalam rangka penggalian potensi pajak parkir.
Metode studi yang digunakan adalah metode deskriptif dengan dalam bentuk studi kasus.Sumber data diperoleh dari informan, tempat penelitian, dan dokumen.Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan.
Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa realisasi pajak parkir di DPPKAD Karanganyar sangat rendah jika dibandingkan dengan potensi yang ada. Perbandingan realisasi pajak parkir dengan potensi yang ada pada tahun 2011 sebesar 15%, tahun 2012 sebesar 16%, tahun 2013 sebesar 21% dan tahun 2014 sebesar 27%. Selain itu berdasarkan data yang ada di DPPKAD Kabupaten Karanganyar, masih banyak subjek pajak yang belum terdaftar sebagai Wajib Pajak.
Berdasarkan hasil studi, penulis memberikan beberapa saran kepada DPPKAD Karanganyar yaitu untuk lebih mengoptimalkan lagi kegiatan survey lapangan untuk melakukan pendataan Wajib Pajak Parkir baru yang belum terdaftar sebagai Wajib Pajak di DPPKAD Kabupaten Karanganyar.DPPKAD juga harus menetapkan besarnya pajak sesuai dengan potensi yang ada di Kabupaten Karanganyar.
Kata Kunci: Pendapatan Pajak Parkir, Potensi Pajak Parkir.
ABSTRACT
The objective ofthis studyis to knowthe collection system, contribution, potential of the parking tax. In addition, this study also aims to know the factors that affect the parking tax revenue, the efforts and obstacles to increase parking tax revenue.
The study method uses descriptive method, the form is a case study. The data sources obtained from informants and docoments. The data collection technique uses observation, interview, and library research methods.
The results of this study are parking tax revenue is very low if compared with the existing potential. Comparison of parking tax revenue with the existing potential in 2011 valued at 15%, in 2012 worth of 16%, in 2013 worh of 21%, and in 2014 amounting to 27%. In addition, based on existing data at DPPKAD Karanganyar, still many tax subjects who have not registered as a taxpayer.
Based on the result of study, author give suggestions to DPPKAD that survey activites furher optimized again to perform data collection parking tax subjects who have not registered as a taxpayer. DPPKAD also have to determine the amount taxes accordance with the existing potential in Karanganyar Regency.
Keywords: parking tax revenue, potential of the parking tax.