Abstrak


Penerapan Terms Fob dalam Pengiriman Produk Furniture pada CV. Yudhistira Di Boyolali


Oleh :
Dhea Ratna Centia - F3112014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan terms FOB dalam pengiriman produk furniture di CV. Yudistira,dokumen yang digunakan dalam pengiriman barang ekspornya dan biaya FOB yang harus dikeluarkan dalam pengiriman produknya.
Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif, yaitu mengamati objek penelitian dan menggambarkan suatu keadaan yang ada dalam obyek penelitian tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara melakukan wawancara langsung dengan bagian shipping mengenai penggunaan FOB, data-data yang bersangkutan dan  proses pengiriman. Data sekunder penulis peroleh dari buku maupun sumber bacaan lain yang  berkaitan dengan ekspor-impor dan incoterm 2000.
Hasil penelitian ini adalah penerapan terms FOB dalam pengiriman produk furniture yaitu eksportir menyerahkan barang di atas kapal pelabuhan keberangkatan dan menanggung semua biaya yang timbul dari gudang sampai pelabuhan Tanjung  Emas. Biaya yang harus dikeluarkan dalam proses pengiriman menggunakan terms FOB dalam container ukuran 40 Ft adalah Rp 7.500.000. Dokumen yang digunakan adalah packing list, invoice, COO, bill of lading, pemberitahuan ekspor barang, nota pelayanan ekspor, sertifikat legalitas kayu, dokumen fumigasi.
Kata Kunci: Incoterm 2000, FOB (Free on Board), CV. Yudhistira
ABSTRACT
The objective of research was to find out the application of terms FOB in furniture product delivery in CV. Yudhistira; the document used in its export product delivery and FOB cost that should be issued in its product delivery.
This research employed a descriptive study method, observing the research object and describing an existing condition in the research object. The data used in this research was primary and secondary data. Primary data was obtained by interviewing the shipping division officer directly concerning FOB, corresponding data and delivery process. Secondary data was obtained from book or other reading sources related to export-import and incoterm 2000.
The result of research was that the application of terms FOB in furniture product delivery included the exporting bringing the product onto the ship in departure port and assuming all of expenses incurring from warehouse to Tanjung Emas port. The cost to be spent in delivery process using terms FOB in a 40 Ft-size container was IDR. 7,500,000. The document used was packing list, invoice, COO, bill of lading, product export notification, export service note, wood legality certificate, fumigation document.
Keywords: Incoterm 2000, FOB (Free on Board), CV. Yudhistira.