Abstrak


Proses Negosiasi dan Korespondensi pada PT Batik Danar Hadi Surakarta


Oleh :
Ana Munafaah - F3112004 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKSI
Tugas Akhir ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana PT Batik Danar Hadi melakukan proses negosiasi dan korespondensi dalam meningkatkan penjualan ekspor. Di samping itu untuk mengetahui hambatan atau kendala apa saja yang dialami dalam proses negosiasi dan contoh kasus negosiasi yang terjadi pada PT Batik Danar Hadi.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif penelitian oleh menafsirkan (membaca, mendengarkan, membandingkan) data di sana, dan kemudian menggambarkan atau menjelaskan untuk menarik kesimpulan. Mengumpulkan data dari dokumen dan dari pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer meliputi wawancara langsung dengan pihak terkait dan Data sekunder yang diperoleh dari dokumen dan sumber tertulis lainnya
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses negosiasi dan korespondensi di PT Batik Danar Hadi, proses negosiasi dilakukan tahap demi tahap untuk mencapai tujuan akhir yaitu kesepakatan dan terjadinya kontrak dagang. Penggunaan internet dengan memanfaatkan email sebagai alat komunikasi lintas negara sangat efektif bagi perusahaan, karena mudah, cepat, menghemat waktu, tenaga dan biaya. Beberapa hambatan dan kendala yang dialami PT Batik Danar Hadi dalam proses negosiasi dengan buyernya di luar negeri antara lain perbedaan waktu, perbedaan budaya dan pemahaman mengenai proses batik.
Saran dari penulis agar tim negosiator bisa saling membantu satu sama lain ketika salah satu negosiator sedang kerepotan menangani buyer maka negosiator lain yang yang tidak sibuk bisa ikut andil untuk membantunya seperti memberikan ide maupun menyiapkan permintaan buyer agar segera dikerjakan, dan jika memungkinkan untuk tim negosiator agar dapat mensiasati waktu kerjanya dalam melakukan negosiasi dengan buyer.
Kata kunci: negosiasi, korespondensi, incoterms, sales contract
ABSTRACT
This final project is written with the intention to learn in depth how PT Batik Danar Hadi the process of negotiations and correspondence to increasing sales export. In addition to knowing the barriers or obstacles experienced anything in the process of negotiation and negotiation case examples that occur in PT Batik Danar Hadi.
The method used is descriptive analysis by interpreting research (reading, listening, comparing) the data there, and then describe or explain to draw conclusions. Collecting data from the document and of the parties with respect to these activities. The data used are primary and secondary data. Primary data include direct interviews with stakeholders and secondary data obtained from documents and other written sources
From the results it can be concluded that in the process of negotiations and correspondence in PT Batik Danar Hadi, the negotiation process is done step by step to achieve the ultimate goal of the agreement and the commercial contract. Use of the Internet by using email as a communication tool is very effective for cross country perusahaa, because it is easy, fast, saving time, effort and expense. Some obstacles and constraints experienced PT Batik Danar Hadi in negotiations with overseas buyers among other timing differences, cultural differences and understanding of the process of batik.
Advice from the author to negotiating team that can helping each other when one of the negosiators was hessles to handle a buyer then another negosiators is not busy he can help such as giving an idea or set up buyer demand to immidiately done, and if possible to anticipate the negotiating team for their work time to negotiate with buyer.
Keywords: negotiations, corespondence, incoterms, sales contract