Abstrak


Manajemen Kearsipan pada Bagian Quality Control di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo


Oleh :
Asep Dwi Cahjono - D1512011 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Arsip mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan, yaitu sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang diperlukan dalam perusahaan dalam rangka melaksanakan segala kegiatan pengawasan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, dan lain sebagainya.Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai manajemen kearsipan pada bagian quality control di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana pada pengamatan ini penulis memaparkan bagaimana manajemen kearsipan pada bagian quality control di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo, yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan pegawai yang bekerja pada bagian quality control, observasi, serta mengkaji dokumen dan arsip, sedangkan untuk komponen teknik analisis data meliputi reduksi data, sajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi
Kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan penulis adalah proses manajemen kearsipan pada bagian quality control terdiri dari penerimaan dan pencatatan, penyimpanan, serta penyusutan dan pemusnahan arsip, yang didukung dengan fasilitas arsip agar manajemen kearsipan pada bagian quality control dapat terlaksana dengan baik. Akan tetapi, pada proses penyimpanan arsip dirasa masih kurang mendapat perhatian, karena ada sebagian penataan arsip yang masih kurang tertata rapi, selain itu juga terdapat beberapa penulisan dalam folder yang tidak sesuai dengan isinya, hal tersebut juga perlu diperhatikan agar nantinya dalam penggunaan arsip bila sewaktu-waktu dibutuhkan, maka dapat ditemukan kembali dengan cepat, serta dari segi keindahan juga terlihat menjadi rapi, namun menurut pengamatan penulis, untuk keseluruhan manajemen kearsipan pada bagian quality control dirasa sudah cukup baik.
Kata Kunci: Manajemen, Kearsipan, Quality Control
ABSTRACT
Record has a very important role in a company, namely as a center of memory, source of information and a supervision tool needed in a company to carry out the supervision activity, analysis, policy making, decision making, report making, and so forth. This observation is aimed at getting a overview of management record on quality control at PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo.
The design of the observation used is qualitative descriptive, in which in this observation the observer explains how record management on quality control at PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo, which is written in the form of sentences and based on the facts available. The technique of collecting data is using an interview with staffs who work on quality control, observation, and reviewing document and archive, while for component of data analysis technique includes data reduction, data presentation, conclusion and verification.
Result obtained from the observation done by the observer is the process of record management on quality control consists of receipt and recording, storage, shrinkage and destruction of record, which are supported by the record facility in order the record management on quality control can be done well. However, in the process of record storage is still lack of concern, because there is some record arrangement which is less well ordered, besides, there is some writing in the folder which is not suitable with the content. It has to be noted so that if the record usage is needed at any time, it can be found quickly and look neat in term of its neatness. However, according to observer, for overall the record management on quality control is considered good enough.
Key words: Management, Record, Quality Control