Abstrak


Desain interior bakery center di Surakarta dengan konsep country


Oleh :
Anisa Roosdiana Nur Hakim - C0810003 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Desain Interior Bakery Center. Pengantar Tugas Akhir: Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perancangan desain interior Bakery Center ini bertujuan untuk mengakomodasi pengunjung ataupun pekerja toko roti ini. Kelebihan yang dimiliki dari bakery center adalah pelayanan yang tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung untuk memberi kemudahan dan kenyamanan untuk pengunjung dan juga pekerjanya.
Metode desain yang digunakan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data, meliputi: study literatur mengenai restaurant, produk-produk bakery dan sejarah bakery dan study pembanding pada bangunan dengan kesamaan fungsi, kesamaan sasaran dan kesamaan konsep desain. Tahap kedua adalah analisa data dengan berdasarkan persyaratan khusus bangunan meliputi program ruang, sistem sirkulasi, system keamanan. Hasil analisa data tersebut kemudian dikombinasikan dengan konsep perancangan berdasar pada pendekatan terpilih. Dari proses analisa data tersebut dihasilkan sebuah desain interior Bakery Center dengan konsep French Country.
Pemilihan konsep French Country untuk diterapkan pada Bakery Center ini berdasarkan sejarah tentang produk itu sendiri. Karakter yang identik dari gaya French Country diaplikasikan dengan memasukan unsur bentuk, estetika, motif hingga material. Aplikasi tersebut diwujudkan dalam bentuk kayu yang disilang, grid pada permukaan furniture, hingga motif upholstery kotak-kotak berwarna merah atau biru putih dan penggunaan material alami seperti batu, kayu, terakota tanpa finishing sehingga memiliki nilai estetis tersendiri.
Kata kunci: Desain interior, Bakery Center, French Country.