Abstrak


Pola menonton program islam itu indah dan pemenuhan kebutuhan spiritual (Studi Korelasi Antara Pola Menonton Program Islam Itu Indah di TRANS TV dengan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Mahasiswa AAI UNS)


Oleh :
Fenti Anasari - D.0210046 - Fak. ISIP

Perkembangan sejarah kaum muslimin saat ini menimbulkan berbagai permasalahan, sesuai dengan tujuan dakwah yaitu mengajak umat manusia untuk mengerjakan yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar. Proses komunikasi dakwah memerlukan media-media yang dapat membuat kegiatan dakwah menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga pemenuhan kebutuhan akan informasi dakwah pada khalayak dapat terpenuhi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola menonton program acara dakwah “Islam itu Indah” TRANS TV dalam memenuhi kebutuhan spiritual Mahasiswa AAI UNS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. seluruh mahasiswa UNS yang tergabung dalam AAI 2014 yang berjumlah 364 Mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan teori Isaac dan Michael, dengan sampel yang digunakan sebanyak 117. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode analisis data menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola menonton dakwah Islam itu Indah berhubungan signifikan positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi dakwah dengan diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Rank Spearman sebesar 0,511. Semakin tinggi pola maka pemenuhan kebutuhan akan informasi dakwah pada Mahasiswa AAI UNS semakin meningkat.

Kata Kunci: pola menonton, pemenuhan kebutuhan spiritual, Islam itu Indah.