Abstrak


Administrasi Pengadaan Barang di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Taufiq Anwar Syaifuddin - D1512083 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan administrasi pengadaan barang di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sukoharjo.
Dalam melakukan pengamatan penulis menggunakan jenis pengamatan diskriptif kualitatif dimana dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya.Sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi.
Pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sukoharjo sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku yaitu Peraturan Presiden no.70 tahun 2012. Hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang berpedoman langsung pada Peraturan Presiden mengenai administrasi pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah daerah. Pengadaan barang di Dinas Perindustrian dan Perdagangan selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya
Kata kunci :administrasi, pengadaan barang
ABSTRACT
This final project writing aimed to find out the implementation of goods procurement in Industry and Trading Office of Sukoharjo Regency.
In conducting observation, the writer employed a descriptive qualitative type of observation to solve a problem encountered by describe the condition of research object currently based on actual facts. The data source was obtained through interview and documentation.
The implementation of goods procurement in Industry and Trading Office of Sukoharjo Regency had been consistent with the provisions of enacted legislation, in this case the Presidential Regulation No. 70 of 2012. It could be seen from the implementation of procurement referring directly to the Presidential Regulation about the administration of procurement in local government institution. The procurement in Industry and Trading Office had been completed timely corresponding the predetermined schedule.
Keywords: Administration, Goods Procurement