Abstrak


Pengaruh penggunaan metode index card match terhadap prestasi belajar matematika siswa tunanetra kelas v slb-a ykab surakarta tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Eris Nurmawati - K5110019 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Index Card Match terhadap prestasi belajar matematika siswa tunanetra kelas V di SLB-A YKAB Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A-B, dimulai dari menentukan baseline kemudian pemberian intervensi, selanjutnya dilakukan kembali baseline dan intervensi dengan indikator yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas V SLB-A YKAB Surakarta. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif.
Nilai tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada hasil pengukuran baseline 1 diperoleh nilai masing-masing subjek 12,5, setelah diberi intervensi 1 nilai subjek pertama naik menjadi 62,5 dan nilai subjek kedua naik menjadi 87,5. Pengukuran baseline 2 diperoleh nilai subjek pertama adalah 50, nilai subjek kedua adalah 25, setelah diberi intervensi 2 nilai subjek pertama meningkat menjadi 75 dan nilai subjek kedua menjadi 87,5. Pemberian intervensi mempengaruhi prestasi belajar siswa yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode Index Card Match terhadap prestasi belajar matematika siswa tunanetra kelas V di SLB-A YKAB Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Index Card Match, Prestasi Belajar, Siswa Tunanetra