Abstrak


Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo


Oleh :
Aprilia Anggraningrum - D1812009 - Fak. ISIP

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan bahan pustaka, serta mengetahui hambatan dan solusi dalam pengolahan bahan pustaka di  Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dengan empat metode yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi.

Hasil Observasi menunjukkan bahwa: 1) Pengolahan bahan pustaka yang ada di  Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo terdiri dari pengolahan bahan pustaka buku dan non buku, yang dimulai dari proses pemeriksaan, inventarisasi, verifikasi, penentuan tajuk subyek, klasifikasi, input data ke dalam program SIPRUS, print out kelengkapan buku, pelabelan kelengkapan buku, penyampulan dan shelving. 2) Hambatan dalam pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas  Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo terdapat kelemahan pada program Sistem Informasi Perpustakaan, komputer sering mati dengan sendirinya disebabkan karena kurang pengontrolan CPU. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara meng-upgrade program Sistem Informasi Perpustakaan ke versi yang lebih baru serta di perlukan teknisi untuk melakukan pengontrolan di setiap komputer yang ada demi kelancaran dalam proses pengolahan bahan pustaka sampai siap disajikan kepada pemustaka.
Saran yang dapat penulis sampaikan agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo alangkah baiknya perlu adanya migrasi software dari program Sistem Informasi Perpustakaan ke program Senayan Library Management System, agar proses pengolahan bahan pustaka dapat berjalan dengan lancar.

Kata Kunci  : Pengolahan Bahan Pustaka, Bahan Pustaka