;

Abstrak


Pengembangan bahan ajar digital berbasis arcs (attention – relevance – convidence – satisfaction) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran jarimatika dengan metode blended learning di unit jarimatika center Salatiga


Oleh :
Aulia Fitrianingrum - S811302004 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar digital berbasis ARCS dengan metode Blended Learning bagi peserta didik di Unit Jarimatika Center Salatiga. (2) Mengetahui keefektifan bahan ajar digital berbasis ARCS dengan metode Blended Learning bagi peserta didik di Unit Jarimatika Center Salatiga.
Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Rangkaian penelitian dan pengembangan yang dilakukan dimulai dari identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi produk, uji coba lapangan skala kecil dan revisi desain, uji coba skala luas dan revisi produk. Teknik analisis data, dengan menggunakan analisis deskriptif sederhana, analisis ketuntasan belajar kemudian dilanjutkan uji prasyarat normalitas dan homogenitas untuk melakukan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Prosedur pengembangan dimulai dengan desain awal (prototype), dilanjutkan validasi ahli media dan materi terhadap bahan ajar digital dan menunjukan bahwa bahan ajar digital berbasis ARCS layak untuk diuji cobakan dengan metode Blended Learning; (2) Keefektifan bahan ajar digital yang diperoleh dari data lapangan pada uji coba lapangan skala besar (uji coba lapangan skala luas), jumlah peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan belajar (skor > 60) adalah 12 orang (80 %) menunjukkan bahwa Bahan Ajar Digital Berbasis ARCS dengan Metode Blended Learning pada pembelajaran Jarimatika Level 1 adalah efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, ARCS, Blended Learning, Jarimatika