;

Abstrak


Implementasi pembelajaran bahasa jawa di man Purwodadi


Oleh :
Eko Suprapto - S811302011 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Perencanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa di MAN Purwodadi (2) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa di MAN Purwodadi (3) Evaluasi hasil belajar mata pelajaran Bahasa Jawa di MAN Purwodadi.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam kegiatan wawancara: (1) Kepala Sekolah, (2) Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, (3) Kelompok MGMP, (4) Guru, (5) Siswa.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan Pembelajaran Bahasa Jawa di MAN Purwodadi diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun guru memuat: (a) standar kompetensi, (b) kompotensi dasar, (c) indikator, (d) materi pelajaran (e) alat/media yang akan digunakan dalam pembelajaran, (f) sumber belajar, dan (g) alat penilaian. yang meliputi kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan kemampuan menulis dalam bahasa Jawa dengan kisi-kisi berdasarkan indikator dan KD dalam RPP dan dilengkapi dengan rubrik penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa di MAN Purwodadi dilaksanakan di ruang kelas, di ruang laboratorium, di lingkungan sekitar, menggunakan media disesuaikan dengan materinya, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran yaitu adanya perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. (3) Evaluasi hasil belajar Bahasa Jawa dilakukan pada saat proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Aspek yang dinilai dalam evaluasi hasil belajar Bahasa Jawa baik kognitif, afektif, maupun psikomotor yang meliputi kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis serta ketatabahasaan dan kesastraan dalam bahasa Jawa melalui penilaian proses berupa proyek, laporan kegiatan, PR, Kuis, Karya siswa, diskusi dan presentasi siswa dan praktek. Sebagian besar siswa telah mencapai nilai batas KKM yaitu 75, yang belum mencapai nilai batas KKM dilakukan remedi. Tindak lanjut yang dilakukan dari evaluasi pembelajaran yaitu melakukan analisis apakah metode atau pendekatan yang digunakan efektif atau tidak. pembelajaran bahasa Jawa dapat memberikan motivasi kepada siswa agar minat dan aktivitasnya dalam pembelajaran dapat meningkat. Siswa hendaknya lebih fokus dalam mengikuti proses pembelajaran, berperan aktif pada proses pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat dan memiliki bekal untuk hidup di masa mendatang kelak.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa