Abstrak


Analisis segmentasi, targeting, dan positioning pada surat kabar joglosemar


Oleh :
Riska Dewi Purnamasari - F.3210064 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang penerapan segmentasi, targeting dan positioning pada surat kabar Joglosemar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif yang merupakan teknik pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subyek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian, Joglosemar menerapkan segmentasi geografis, psikografis dan perilaku. Segmen psikografis bidikannya adalah masyarakat dengan kelas social menengah keatas. Sedangkan segmentasi perilaku yang dibidik adalah konsumen dengan penggunaan sedang hingga berat. Dalam penerapan pasar sasarannya (targeting) Joglosemar menggunakan strategi undifferentiated marketing atau strategi pemasaran tanpa pembeda. Positioning yang dilakukan adalah dengan membuat tag-line “Jernih-Bernilai”.
Dari hasil yang telah dikemukakan, penulis memberi beberapa saran yaitu: Joglosemar hendaknya memperluas jangkauan pemasarannya selain di Jogja, Solo dan Semarang serta dapat menambahkan rubrik yang menarik. Joglosemar hendaknya memperhatikan strategi targeting yang dipakai. Positioning Joglosemar hendaknya tetap mempertahankan kualitas produknya saat ini dengan selalu melakukan pengembangan produk agar selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kata kunci : segmentasi, targeting dan positioning