;

Abstrak


Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan inkuiri dengan metode eksperimen dan proyek ditinjau dari sikap ilmiah dan kreativitas belajar siswa (Studi Pembelajaran Fisika pada Materi Listrik Arus Searah Kelas XI Semester 4 di SMK Negeri 2 Jiwan Madiun


Oleh :
Purwo Suyono - S831108050 - Sekolah Pascasarjana

Masalah yang terjadi pada pembelajaran di lembaga pendidikan adalah masih rendahnya siswa berpartisipasi dalam aktivitas belajar sehingga belum bisa mencapai hasil akhir belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri menggunakan metode eksperimen dan proyek, sikap ilmiah, kreativitas belajar, serta interaksinya terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI jurusan otomotif dan mesin SMK Negeri 2 Jiwan tahun pelajaran 2012-2013, terdiri atas 8 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, terdiri 2 kelas yaitu XIO3 dan XIM3. Data prestasi belajar kognitif dikumpulkan dengan metode tes, metode angket untuk sikap ilmiah, kreativitas belajar, prestasi belajar afektif, sedangkan prestasi belajar psikomotor menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2.
Hasil penelitian menyatakan: 1) pembelajaran dengan metode proyek mempunyai prestasi belajar kognitif lebih tinggi dari eksperimen, tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan untuk prestasi bealajar afektif, 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kognitif dan prestasi afektif siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah, 3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi kognitif dan prestasi afektif siswa yang kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 4) tidak ada interaksi yang signifikan antra metode eksperimen dan proyek dengan sikap ilmiah dan kreativitas terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan afektif siswa, 5) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode eksperimen dan proyek dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif tetapi ada interaksi pada prestasi afektif, 6) tidak ada interaksi yang signifikan sikap ilmiah dan kreativitas terhadap prestasi belajar f kognitif dan afekti, 7) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode eksperimen, proyek, sikap ilmiah dan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif.
Kata kunci: pendekatan inkuiri, metode eksperimen, metode proyek, sikap ilmiah, kreativitas.