Abstrak


Penerapan Strategi Bauran Promosi Ikot Qolbun Salim dalam Memperkenalkan Produknya


Oleh :
Ari Karimma Respati - F3512012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bauran promosi apa saja yang diterapkan oleh IKOT Qolbun Salim saat ini, dan juga untuk mengetahui bauran promosi apa yang lebih efektif untuk diterapkan oleh IKOT Qolbun Salim. IKOT Qolbun Salim menerapkan tiga bauran promosi yang terdiri dari periklanan (Brosur, radio,pamflet, surat kabar, media online), personal selling, dan promosi dari mulut ke mulut.
Desain penelitian ini menggunakan metode analisis dskriptif, yaitu dengan mendiskripsikan atau mengambarkan secara sistematis dan akurat mengenai keadaan yang sebenarnya berdasarkan data-data yang ada tetang penerapan bauran promosi IKOT Qolbun Salim.
Dari pembahasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bauran promosi yang yang saat ini diterapkan oleh IKOT Qolbun Salim adalah periklanan, personal selling, dan promosi dari mulut ke mulut. Pada dasarnya bauran promosi tersebut sudah efektif untuk diterapkan oleh IKOT Qolbun Salim namun perlu sedikit perbaikan.
Maka dari hasil tersebut dapat disarankan untuk mempertahankan, mengembangkan , dan memperbaiki penerapan bauran promosi yang telah dilakukan oleh IKOT Qolbun Salim, dan penulis juga menyarankan untuk menambah satu bauran promosi yaitu promosi penjualan, sehingga bisa lebih efektif dan optimal.
Kata kunci: bauran promosi
ABSTRACT
This research purpose is to know what kind of promotion mixed application is used by IKOT Qolbun Salim nowadays, and to know which promotion mixed has more effectiveness application by IKOT Qolbun Salim, IKOT Qolbun Salim applies three mixed promotions consist of advertising (brochure, radio, pamphlet, newspaper, online media), personal selling and word of mouth promotion
This reserach design uses descriptive analyzing method – to systematically describe and give accuracy the reality based on IKOT Qolbun Salim promotions mixed application data.
Started from that discussion, it can conclude that mixed promotion which is applied by IKOT Qolbun Salim are advertising, personal selling, and word of mouth promotion. It has been effective but it needs some fixing in it.
Based on this result, it is recommended to maintain, to develop and to fix the mixed promotion application which has been applied by IKOT Qolbun Salim and the wrier also recommend to increase one mixed promotion, the sales promotion, so it can be effective and optimum.
Key word: promotion mixed