Abstrak


Penerapan Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bagian Produksi pada Perusahaan Kecap “Cap Bawang” Ngawi


Oleh :
Misbahul Ngazis - F3512054 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Seiring berjalannya waktu, globalisasi dan pasar bebas mulai tidak dapat dihindarkan. Hal tersebut membuat persaingan antar perusahaan menjadi tidak dapat dihindarkan sehingga menuntut perusahaan untuk berpacu agar dapat bertahan dan berusaha untuk memenangkan persaingan. Tetapi dengan persaingan yang semakin bebas tersebut juga diiringi dengan berbagai tuntutan, salah satunya yaitu tuntutan untuk melindungi karyawannya dengan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja dalam menjalankan operasional perusahaan.
Objek penelitian ini adalah perusahaan kecap “Cap Bawang” Ngawi khususnya pada penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di bagian produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dan untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang ideal di Perusahaan Kecap “Cap Bawang” Ngawi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, waancara, dan studi pustaka.
Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di Perusahaan Kecap “Cap Bawang” masih jauh dari standar, mulai dari tidak menyediakannya Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat dibutuhkan karyawan  untuk melindungi diri dari bahaya seperti terkena luka bakar atau  terpleset saat produksi dan kurangnya penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
Dari temuan diatas, seharusnya perusahaan mulai berbenah dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerjanya agar karyawan yang bekerja untuk mewujudkan tujuan perusahaan dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Tindakan preventif yang seharusnya segera dilaksanakan adalah menyesiakan APD yang dibutuhkan seperti sepatu pengaman yang berstandar k3 dan hand glove anti bakar, dan penambahan APAR. Selain itu, perusahaan seharusnya melakukan sosialisasi kepada karyawannya agar karyawan juga sadar mengenai pentingnya k3.   
Kata kunci : Penerapan Keselamatan dan Kesehatan kerja, Tindakan Preventif, Perusahaan Kecap Cap “Bawang”
ABSTRACT
Over time, the globalization and the free market began unavoidable. This makes the competition between companies becomes unavoidable that requires companies to race to survive and trying to win the competition. But with the increasingly free competition was also accompanied by a variety of demands, one of which is the demand to protect their employees by implementing work health and safety in the company’s operations.
The study object is the Perusahaan Kecap “Cap Bawang” Ngawi in particular on the implementation of health and safety in production section. The study purposes were determined the implementation of health and safety and determined the implementation ideal work safety and health in Perusahaan Kecap “Cap Bawang” Ngawi. The data collecting methods were used observation, interview, and literature study.
The implementation of health and safety at Perusahaan Kecap “Cap Bawang” are still far from the standard, ranging from unavailability of Personal Protective Equipment (PPE) that is needed employees to protect themselves from dangers such as burns or slips exposed during production and the lack of provision of lightweight fire extinguishers.
From the above findings, the company should begin to improve in applying the safety and health in order to achieve company goals can work safely and comfortably. The preventive measures should be implemented to provide the necessary PPE such as safety shoes in line with K3 standard and anti burn glove hand, and the addition of fire extinguisher. In addition, the company should done socialization to employees so that employees are well aware of the importance of work safety and health.
Keywords: Application of work safety and health, preventive action, Peerusahaan Kecap Cap “Bawang”