Abstrak


Perubahan sosial ekonomi penambang emas desa Jendi kecamatan Selogiri kabupaten Wonogiri tahun 1990 - 2011


Oleh :
Suyatmi Wijaya - C0508049 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Penelitian ini membahas tentang Perubahan Sosial Ekonomi Penambang Emas di Desa Jendi pada tahun 1990-2011. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perkembangan pertambangan emas di Jendi Kecamatan Selogiri pada tahun 1990-2011 dan bagaimana perubahan sosial ekonomi penambang emas di Desa Jendi, Kecamatan Selogiri tahun 1990-2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumen atau arsip dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian di kritik secara intern dan ekstern dengan di padukan dengan studi pustaka sehingga menghasilkan fakta-fakta sejarah. Fakta tersebut kemudian dianalisis dan disusun dalam sebuah historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambangan emas di Desa Jendi, Kecamatan Selogiri mulai berlangsung pada tahun 1990 yang awalnya dilakukan oleh penambang tanah merah dari Klaten. Adanya pertambangan emas di Bukit Randu Kuning yang masih berjalan hingga saat ini dan seiring perkembangan zaman pertambangan emas mengalami kemajuan dan kemunduran. Pada tahun 1995 hasil pertambangan emas mengalami kemajuan dengan status illegal maka pihak KUD Selogiri berusaha untuk mendapatkan izin pertambangan hingga tahun 2003. Masa aktif izin pertambangan yang telah berakhir ternyata tidak membuat
para penambang berhenti menambang.  
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa adanya pertambangan emas di Bukit Randu Kuning membuat kehidupan masyarakat Desa Jendi mengalami perubahan di bidang sosial dan ekonomi. Di bidang ekonomi, masyarakat
mendapatkan pekerjaan di luar bidang pertanian. Buruh tani menjadi penambang, perantauan menjadi penambang dan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Di bidang sosial, munculnya lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang pertambangan, yaitu paguyuban Tambang Emas dan adanya interaksi sosial yang dilakukan oleh penambang (dari dalam/luar Desa Jendi) dengan berbagai kalangan.