Abstrak


Peran purchasing department dalam pengadaan barang melalui daily market list di syariah hotel Solo


Oleh :
Rusiana Wahyuningsih - C9412042 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Peran Purchasing Department dalam  Pengadaan  Barang  Melalui  Daily  Market  List  di  Syariah  Hotel  Solo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran penting Purchasing dalam pengadaan  barang  melalui  Daily  Market  List,  proses  pengarsipan  dokumen supplier  atau  vendor  Syariah  Hotel  Solo,  hambatan  dan  solusi  terkait  Daily Market List.
Penulisan laporan disajikan secara kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka, internet searching. Berdasarkan hasil yang didapat, peran seorang Purchasing di Syariah Hotel adalah sangat penting, sebab berkaitan semua dengan pengadaan barang kebutuhan hotel.
Hasil penelitian menunjukan kinerja yang ada sudah baik, namun perlu adanya staf Purchasing lain untuk membantu Purchasing Manager dalam tugasnya. Pengarsipan  yang dilakukan juga sudah rapi dan baik.  Semua arsip maupun  dokumen  Accounting  berada  pada  tempat  yang  mudah  dicari  bila
sewaktu-waktu  dibutuhkan,  namun  tempat  berkas  yang  menjadi  satu  dengan office, membuat ruangan tampak sempit dan tidak semua berkas dapat diarsip dalam satu ruangan. Diharapkan lokasi penyimpanan berkas maupun arsip penting juga diprioritaskan. Hambatan  yang dialami  Purchasing sangat banyak terkait Daily Market List, yakni yang sering terjadi adalah keterlambatan penyerahan Daily Market List yang membuat kerterlambatan juga untuk pemesanan kepada supplier.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pengalaman dan profesionalisme seorang Purchasing adalah  yang paling diutamakan dalam menghadapi semua permasalahan yang dihadapi. Untuk proses pengadaan barang di Syariah Hotel Solo  sudah  berjalan  dengan  baik  dan  lancar,  begitu  juga  pembayaran  kepada supplier