Abstrak


Peran Modal Sosial dalam Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Studi Kasus Pada Penerima Manfaat Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni Melalui PNPM-Mandiri Perkotaan di Desa Ngasem Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar)


Oleh :
Lutfi Arfiansyah - D0310039 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran modal sosial dalam renovasi Rumah Tidak Layak Huni melalui PNPM-MP di Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, danbertujuan untuk mendiskripsiskan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan modal sosial dalam renovasi RTLH di Desa Ngasem Kecamatan Colomadu Kabupaten Kranganyar.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial yang dikemukakan oleh George C. Homans. Karena yang mendasari modal sosial adalah teori pertukaran. Jenis penelitian ini adalah studi kasusyang berfokus pada satu kasus saja, guna memaksimalkan pemahaman tentang kasus yang dipelajari. Untuk menjamin validitas data digunakan trianggulasi sumber, sedangkan analisis data yang digunakan adalah model interaktif.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa. Modal sosial dalam RTLHdapat dilihat melalui hubungan sosial yang memfasilitasi interaksi, seperti dalam jaringan sosial, trust, reciprocity, nilai-nila, norma, dan tindakan proaktif.Modal sosial berperan secara signifikan dalam program RTLH denganadanya pertukaran kebaikan.Bahwa dalam pertukaran sosial terdapat cost, reward, dan profit.Modal sosial disini berperan sebagai sebuah mekanisme operasional yang dapat dilihat dari peran modal sosial bonding, bridging, dan linking. Modal Sosialbondingberkaitan erat dengan keluarga yang merupakan pondasi awal dalam menciptakan modal sosial.Modal Sosialbridging berkaitan erat dengan jaringan sosial masyarakat dekat yaitu tetangga. Sedangkan modal sosial linkinglebih menyoroti mengenai kinerja dari lembaga formal di tingkat Desa Ngasem maupun lembaga bentukan PNPM-MP maupun fasilitor kelurahan. Faktor internal adalah adanya lembaga formal, faktor agama, dan peran pemerintah Desa Ngasem sedangkan faktor eksternaladalah adanya PNPM-MP di Kabupaten Karanganyar dan dukungan pemerintah daerah yang mempengaruhi keberhasilan modal sosial dalam renovasi rumah tidak layak huni. Pada kenyataanya masyarakat Desa Ngasem sudah menjalankan peran dalam jaringan sosial, kepercayaan, tukar-menukar kebaikan, menjalankan norma, nilai-nilai sosial dan melakukan tindakan proaktif di lingkungan Desa Ngasem Kecamatan Colomadu.
Kata Kunci : Peran, Modal Sosial, RTLH.
ABTRACT
This studyalso aims todescribethe role ofsocial capitalin the renovationHousesNotLivablethroughPNPM-MP in Ngasem Village, Colomadu District, Karanganyar Regency, andaims todescribefactors thatinfluence the success ofsocial capitalin renovationsRTLHin Ngasem Village, Colomadu District, Karanganyar Regency.
The theory usedinthis studyis thesocial exchange theoryproposed byGeorgeC.Homans. Because theunderlyingsocial capitalisthe theory ofexchange. This research isa case studythatfocuseson just one case, in order tomaximizeunderstanding of thecases studied. Toensure thevalidityof datausedtriangulationsources, whiledata analysisisan interactive model.
The final conclusion isthat. Social capital inRTLHcan be seenthrough thesocial relationshipsthat facilitateinteraction, such asin social networks, trust, reciprocity, value-indigo, norms, andproactive measures. Social capitalplay a significant rolein the programRTLHwithan exchange ofkindness.That there is a cost in social exchange, reward, and profit. Social capital here serve as an operational mechanism that can be seen from the role of social capital bonding, bridging, and linking. Bonding social capital is closely related to the family which is the early foundation in creating social capital. Bridging social capital is closely related to social networking communities close to that neighbor. Whereas linking social capital more highlights on the performance of formal institutions at the village level and institutional formations Ngasem PNPM-MP and village facilitators.The internal factoristhe existence offormal institutions, religiousfactors, andthe role ofvillagegovernmentNgasemwhile external factorsarethePNPM-MP in Karanganyarandlocal government supportthat affect the successof socialcapitalin the renovation ofthe houseunfit for habitation.In factthe village communityNgasemalreadyrunningrole in thesocial networks, trust, exchangegoodness, runningnorms, social valuesandto actproactivelyinNgasem Village, Colomadu District.
Keyword: Role, Social Capital, RTLH.