Abstrak


Pembangunan Aplikasi Pemesanan Menu Berbasis Android pada Kedai Kepo Surakarta


Oleh :
Fitria Santika Putri - M3112057 - Fak. MIPA

ABSTRACT
“Kedai Kepo” is a café / restaurant where located in Surakarta citythat provides various kind of foods and drinks. During this time the ordering process on the Kedai Kepo is done manually, by using an ordering note. That kind of ordering process was felt less efficient because of management services to customers considered less quickly and can lead to errors in the presentation and errors in the payment process.
This research aims to make the menu ordering information system based on Android in KedaiKepo using Android Studio and CodeIgniter framework as well as Wi-Fi and tablets are used as a media of ordering. The purpose of this application is to serve foods and drinks menu reservations in Kedai Kepo to more easily, quickly and effectively in the reservation menu and avoid the occurrence of errors in the payment process.
The development of menu ordering application of Kedai Kepo Surakarta, will produce a system that helps customer’s ordering process in Kedai Kepo Surakarta, and helps the administrator of Kedai Kepo manage data menus and transaction data.
Keyword : Application, Android Studio, Kedai Kepo
ABSTRAK
“Kedai Kepo” adalah sebuah tempat makan yang berada di kota Surakarta yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Selama ini proses pemesanan menu pada Kedai Kepo dilakukan secara manual,yaitu dengan menggunakan nota pemesanan. Dari proses pemesanan seperti ini dirasakan kurang efisien karena management pelayanan pada pelanggan dinilai kurang cepat dapat menimbulkan kesalahan dalam penyajian dan kesalahan dalam proses pembayaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi pemesanan menu berbasis android di Kedai Kepo Surakarta dengan menggunakan Android Studio dan  frameworkCodeIgniter serta jaringan Wi-Fi dan perangkat tablet yang digunakan sebagai media pemesanan.Tujuan dari aplikasi ini untuk melayani pemesanan menu makanan dan minuman di Kedai Kepo Surakarta  agar lebih  mudah,cepat dan efektif dalam pemesanan menu dan menghindari terjadinya kesalahan pada proses pembayaran.
Terbangunnya aplikasi pemesanan menu di Kedai Kepo Surakarta, dapat menghasilkan sistemyangmembantu pelanggan dalam melalukan proses pemesanan menu di Kedai Kepo Surakarta, serta membantu pengelola Kedai Kepo Surakarta dalam mengeloladata menu dan data transaksi.
Kata Kunci    : Aplikasi , Android Studio, Kedai Kepo.