Abstrak


Perbedaan Rerata Denyut Nadi pada Tenaga Kerja yang Diberi Ear Plug dan Yang tidak Diberi Ear Plug di Bagian Weaving Pt. X


Oleh :
Venny Aprilia Azkawati - R0211052 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Venny Aprilia Azkawati, R0211052, 2015. Perbedaan Rerata Denyut Nadi Pada Tenaga Kerja yang Diberi Ear Plug dan yang Tidak Diberi Ear Plug di Bagian Weaving PT. X, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Kebisingan merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang dapat menyebabkan gangguan, yaitu hilangnya pendengaran, gangguan tidur, menyebabkan kantuk di siang hari, dan meningkatkan denyut nadi. Pengendalian bising salah satunya dengan memberi alat pelindung diri seperti ear plug. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rerata denyut nadi setelah terpapar kebisingan antara kelompok yang diberi ear plug dan kelompok yang tidak diberi ear plug di bagian weaving PT. X.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain penelitiannya adalah posttest only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi berjumlah 147 orang, dan diperoleh sampel sebesar 62 orang, dengan kriteria : bersedia menjadi responden, pekerja wanita, usia 20 – 50 tahun, dalam kondisi sehat, tidak memiliki riwayat penyakit anemia. Denyut nadi diukur dengan menggunakan alat Pulse Meter. Uji statistik dengan menggunakan Independent t-test.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada beda rerata denyut nadi pada tenaga kerja yang diberi ear plug dan yang tidak diberi ear plug dengan nilai probability 0,022. Rata-rata denyut nadi pada tenaga kerja yang diberi ear plug adalah 99 bpm dan yang tidak diberi ear plug adalah 101,2 bpm.
Simpulan : Ada beda rerata denyut nadi pada tenaga kerja yang diberi ear plug dan yang tidak diberi ear plug di bagian weaving PT. X.