Abstrak


Strategi Pengembangan Obyek Wisata Kebun Teh Jamus Kabupaten Ngawi


Oleh :
Baktiar Ari Injiyantoko - C9412008 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Tugas akir ini menggkaji tentang strategi pengembangan Obyek Wisata Kebun Teh Jamus. Pengangkatan judul ini bertujuan untuk mengetahui profil Obyek Wisata Kebun Teh Jamus, sejarah berdirinya, latar belakang, daya tari wisata, dan potensi yang dimiliki Obyek Wisata kebun Teh Jamus. Untuk mengetahui strategi pengembangan yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ngawi dan PT. Candi Loka untuk Memajukan Obyek Wisata Kebun Teh Jamus, serta kendala yang dihadapi dalam melakukan pengembangan dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.
Dalam penulisan Tugas Akhir, penulis menggunkan metode penelititan analisis deskriptif kuantitatif, yaitu tekhnik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, studi pustaka,observasi dan studi dokumen.
Dari hasil penelitian, strategi pengembangan yang digunakan Dinas pariwisata Kabupaten Ngawi sudah sesuai standart. Bahkan pemerintah Kabupaten Ngawi mempunya 5 upaya untuk menjadikan Kabupaten Ngawi sebagai mercusuar di Jawa Timur, upaya tersebut diantaranya : meningkatkan promosi dan daya saing produk, mendorong dan memperkuat investasi, meningkatkan daya saing dan daya-sanding, memperkuat ketersediaan infarastuktur yang bermutu, dan meningkatkan sinkronisasi, harmonisasi dan sinergi pemerintah. Untuk memajukan Pariwisata di Kebun Teh Jamus terdapadat Konsep pengembangan yang digunakan Dinas Pariwisata yaitu pengembangan infrastruktur, tata ruang, dan pengembangan Obyek Wisata Kebun Teh Jamus.
Kesimpulannya adalah melihat strategi pengembangan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ngawi, pemerintah sangat serius dalam menangani hal ini. Pengembangan gencar dilakukan untuk menjadikan pusat dari pariwisata dan mengubah image masyarakat sebagai jalur lalu intas saja.
Kata kunci :wisata alam, strategi pegembangan, Obyek Wisata Kebun Teh Jamus.