Abstrak


Implementasi Clustering Database Postgresql dengan Pgpool-Iiguna Load Balance dan Replication pada Linuxcentos-7 dalam Studi Kasus Penanganan Server Log UNS


Oleh :
Angga Sebastian - M3112018 - Fak. MIPA

ABSTRACT
At that time, the number of Internet users growing more and more rapidly, causing an increased need for network devices and servers in their role to provide an infrastructure and a wide range of internet services. To compensate for the increase in these requirements would require new technology should be implemented in a network management, particularly the log server. Log server is a centralized log system for centralizing logs from multiple devices into a single management log. Log server is expected to have a high level of reliability because of their functions in processing logs from multiple devices and servers in a network management.
In this research, testing and configuring the database server to obtain a reliable database to serve as a centralized log system. This experiment is to test the disk usage, load balancing, performance, and database replication. The database used was PostgreSQL. By testing the use of the disk, the size of the database generated by the PostgreSQL relative to the size of the data when it is stored in a log file. Then, test the performance of load balancing, the read transaction speed on a single database PostgreSQL compare with PostgreSQL reading speed data transactions which have implemented the clustering database. On the test replication, to generate a database for Pgpool-II, and then the generated database must be replicated to all PostgreSQL database nodes.
From the test results showed that disk usage logs are stored in the database has a size of 39.38% more than the log that is stored in the file. For replication tests have shown that the replication has been working properly, the evidence that the databases, tables, and the number of lines that exist in the database clustering, identical to the database server node respective data. Then, the performance of load balancing test is obtained that the clustered database has a read speed of 42.36% faster than the average speed reading belonging to bothdatabase node.
According to test result data,obtained a centralized log system design that is easy to manage, with the speed of transactions and higher levels of availability, though the disk usage of test results, connect centralized system uses proven PostgreSQL requires more resources.
Keywords: PostgreSQL, Clustering, Pgpool-II, Pgbench, Replication, Load Balancing
ABSTRAK
Pada saat ini jumlah pengguna internet semakin bertumbuh dengan cepat, sehingga memicu peningkatan kebutuhan perangkat jaringan dan server dalam perananya menyediakan infrastruktur dan berbagai macam layanan internet.Untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan tersebut, maka diperlukan sebuah teknologi baru yang harus diimplementasikan dalam sebuah manajemen jaringan, khususnya yang perlu diperhatikan adalah serverlog. Server log merupakan sebuah sistem sentralisasi log yang berfungsi memusatkan log dari banyak perangkat ke dalam satu manajemen pengelolaan log. Serverlogsendiri diharapkan memiliki tingkat kehandalan yang tinggi mengingat tugasnya dalam menangani log dari banyak perangkat dan server dalam suatu manajemen jaringan.
Dalam penelitian ini dilakukan pengujian dan konfigurasi server database supaya didapatkan sebuah database yang handal, untuk melayani sistem sentralisasi log. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian disk usage, performa load balancing, serta replikasi database. Database yang digunakan adalah PostgreSQL. Pada pengujian disk usage, ukuran database yang dihasilkan oleh PostgreSQL dibandingkan dengan ukuran data ketika log disimpan di dalam file. Kemudian pada pengujian performa load balancing, kecepatantransaksi read single database PostgreSQL dibandingkan dengan kecepatan transaksi read database PostgreSQL yang sudah diterapkanclustering. Pada pengujian replikasi, dilakukan generate database kepada server Pgpool-II, kemudian hasilgenerate database tersebut akan tereplikasi pada semua node database PostgreSQL.
Dari hasil pengujian disk usage didapatkan hasil bahwa log yang disimpan di dalam database memiliki ukuran 39,38 % lebih besar dibandingkan dengan log yang disimpan di dalam file. Untuk pengujian replikasi didapatkan hasil bahwa replikasi telah berjalan dengan semestinya, dengan bukti bahwadatabase, tabel, dan jumlah baris yang ada pada clustering database, sama persis dengan yang ada pada masing-masing database server node. Kemudian untuk pengujian performa load balancing didapatkan hasil bahwa, databaseter-cluster memiliki kecepatan read 42,36 % lebih cepat dibandingkan dengankecepatan rata-rata read yang dimiliki oleh kedua single database server.
Dari data hasil pengujian, maka didapatkan sebuah rancangan sistem sentralisasi log yang mudah dikelola, dengan kecepatan transaksi dan tingkat ketersediaan yang lebih tinggi walaupun pada hasil pengujian disk usage, sistem sentralisasi log menggunakan PostgreSQL terbukti membutuhkan resource yang lebih besar.
Kata kunci: PostgreSQL, Clustering, Pgpool-II, PgBench, Replication, Load Balancing