Abstrak


Perubahan Sosial Ekonomi Pengrajin Batik Desa Girilayu Tahun 2009-2013


Oleh :
Bayu Eko Nugroho - C0508018 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Perubahan sosial ekonomi pengrajin batik desa girilayu tahun 2009-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) awal mula munculnya batik Girilayu dan gambaran umum masyarakat Girilayu tahun 2009-2013, (2) perkembangan batik Girilayu tahun 2009-2013, (3) perubahan sosial ekonomi masyarakat Girilayu tahun 2009-2013.
Penelitian ini merupakan penelitian historis, sehingga langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara. Data-data yang terkumpul kemudian diseleksi, dianalisa, dan diinterpretasikan dengan menggunakan pendekatan Ilmu Ekonomi dan Sosial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Penduduk desa mayoritas mempunyai pekerjaan sebagai pengrajin batik, petani, maupun buruh. Girilayu banyak dikenal sebagai kampung pengrajin batik. Pengrajin batik girilayu sangat terkenal dengan kehalusan batikya, hal itu dikarenakan warisan turun temurun yang sudah menjadi tradisi masyarakat sebagai pembatik.
Kesimpulan dari penilitian ini adalah Girilayu merupakan daerah yang tidak bisa lepas dari ikatan historis Mangkunegaran, astana Mangadeg dan Girilayu merupakan makam raja-raja Mangkunegaran. Begitu halnya dengan batik tulis Girilayu merupakan hasil dari peninggalan warisan budaya yang berasal dari Mangkunegaran. Pada awalnya batik Girilayu hanya digunakan dalam prosesi mengunjungi astana Mangadeg, namun kemudian masyarakat melakukan pengembangan dan membatik menjadi kegiatan masyarakat sehari-hari. pada tahun 2013 juga didirikan Desa Vokasi yang dimiliki oleh pemerintah desa atas bantuan pemerintah.