Abstrak


Program Kartu Jakarta Sehat pada Pemberitaan Media Online (Analisis Framing Media Online Terhadap Program Kartu Jakarta Sehat Pada vivanews.com dan okezone.com Periode 1 Januari-30 Mei 2013)


Oleh :
Kaesya Suryo Hanindyo - D1210039 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Salah satu media massa yang sangat mudah diakses dan paling berpengaruh adalah internet. Seiring dengan globalisasi yang menuntut kecepatan informasi, internet menjadi media informasi di tengah-tengah masyarakat. Dari internet inilah lahir media Online. Keunggulan media online adalah informasi/berita bersifat up to date, real time, dan praktis. Media online memberitakan hal-hal yang menarik perhatian masyarakat, Media selalu hadir dalam peristiwa penting tersebut, mengamati, mencatat dan merekam, dan kemudian melaporkannya pada masyarakat dengan frame atau sudut pandang tertentu. Setiap media online vivanews.com dan okezone.com mempunyai kecenderungan yang berbeda dalam mengemas sebuah peristiwa. Sehingga bisa jadi, peristiwa yang sama bisa disajikan berbeda dalam pemberitaannya. Tergantung dari sudut pandang mana insan media tersebut memandangnya, serta tidak jarang sebuah pemberitaan dimasuki oleh ideologi atau kepentingan tertentu. Masing-masing media memiliki pandangan dan sikap atau idealisme tertentu. Hal ini tergantung dari sudut pandang wartawan dalam melihat dan memaknai fakta yang ditemui di lapangan.
Penelitian ini didasarkan pada minat peneliti tentang berita Kartu Jakarta Sehat yang dikeluarkan oleh Jokowi. Peneliti mencoba untuk menangkap bagaimana framing dibuat oleh Vivanews dan Okezone untuk melihat tentang Kartu Jakarta Sehat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis framing. Analisis yang digunakan dalam penelitian framing Zhongdang Pan ini dan metode Gerald M. Kosicki, menganalisis teks berita dengan melihat empat elemen: sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Jenis berita yang diambil dalam penelitian ini adalah straight news yaitu berita yang aktual mengenai peristiwa yang sedang terjadi. Model ini digunakan oleh peneliti karena ini penting untuk memberikan kesempatan untuk secara khusus melihat bingkai yang dibangun oleh media dalam menangkap sebuah kejadian.
Kesimpulan yang disediakan oleh analisis ini mengakibatkan tidak ada perbedaan yang jelas dari masing-masing media untuk membingkai tentang Kartu Jakarta Sehat. Vivanews berusaha untuk menunjukkan kenyataan yang benar-benar terjadi, sehingga tidak menyudutkan salah satu pihak. Sedangkan Okezone yang mengangkat berita yang lebih menyudutkan pihak Pemprov DKI Jakarta dan bukan hanya menyerang Jokowi saja. Secara garis besar, Vivanews dan Okezone sebagai portal berita online memberikan pemberitaan yang singkat dan jelas tanpa memikirkan penafsiran pembaca, hal ini sudah menjadi prinsip dari media online yang selalu memberikan informasi secepat mungkin dan memberikan update berita secara berkala.
Kata kunci: Framing Media, Media Online, Kartu Jakarta Sehat
ABSTRACT
One of the mass media is very accessible and the most influential is the internet. Along with globalization, which demands speed information, the Internet becomes a medium of information in the midst of society. From this was born the Internet Online media. Advantages of online media is the information / news are up to date, real time, and practical. Online media proclaim the things that attracted the attention of the public, media are always present in the important events, observe, record and record, and then report to the community with a frame or a particular viewpoint. Every online media vivanews.com and okezone.com have different tendencies in presenting an event. So be it, the same event can be presented differently in reporting. Depending on the angle of view of the media where the man looked at him, and not infrequently a news penetrated by ideology or particular interests. Each of these media has a view and attitude or certain idealism. It depends on the viewpoint of reporters to see and interpret facts encountered in the field.
The study was based on the interest of researchers on the news Healthy Jakarta Card issued by Jokowi. Researchers try to capture how framing made by Vivanews and Okezone to see about Healthy Jakarta Card. This study is a qualitative study using analysis approach framing. The analysis used in the study Zhongdang framing Pan and Gerald M. Kosicki methods, analyzing the text message to see the four elements: syntax, script, thematic, and rhetorical. Kind of news is taken in this study is that straight news actual news about events that are happening. This model is used by researchers because it is important to provide the opportunity to specifically look at the frame built by the media in capturing an event.
Conclusions provided by this analysis resulted in no clear distinction of each media to frame on the Jakarta Health Card. Vivanews trying to show the reality that actually occurred, so it is not cornering either party. Meanwhile, news that lifted Okezone more cornering the Jakarta government and not just attacking Jokowi alone. Broadly speaking, Vivanews and Okezone as online news portal provides clear and concise news without thinking about the interpretation of the reader, this has become a tenet of online media which always provide the information as soon as possible and provide regular news updates.
Keywords: Framing Media, Online Media, Jakarta Health Card