Abstrak


Potensi dan Pengembangan Desa Wisata Lurik Tlingsing di Kabupaten Klaten


Oleh :
Lina Widyastuti - C9412027 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang potensi dan pengembangan Desa Wisata Lurik Tlingsing di Kabupaten Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi yang dimiliki Desa Wisata Lurik Tlingsing serta strategi yang dilakukan Pemerintah Daerah, Non Pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Lurik Tlingsing.
Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan potensi dan pengembangan Desa Wisata Lurik Tlingsing. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Lurik Tlingsing memiliki potensi yang cukup besar bagi pariwisata Kabupaten Klaten, akan tetapi potensi tersebut belum berkembang dengan maksimal. Adapun potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Lurik Tlingsing adalah desa pengrajin lurik ATBM yang tidak dimiliki oleh objek wisata lainnya. Minimnya Sumber Daya Manusia menjadikan Desa Wisata Lurik belum berkembang.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Desa Wisata Lurik Tlingsing memiliki potensi sebagai objek wisata yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Namun masih minimnya Sumber Daya Manusia di Desa Wisata Lurik Tlingsing mengakibatkan Desa Wisata Lurik belum berkembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Klaten.
(Potensi, Pengembangan, Sumber Daya)