Abstrak


Kajian Batik Fraktal (Penerapan Software jBatik dalam Pembuatan Motif Batik)


Oleh :
Anggreini Pratiwi - C0911002 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Penelitian Batik Fraktal ini mengkaji secara mendalam proses kreatif batik berbasis visualitas fraktal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan prinsip dan proses kreatif penggunaan software jBatik dalam pengembangan motif batik; serta mengetahui, menganalisis dan menjelaskan visual batik fraktal yang dihasilkan dengan software jBatik melalui pendekatan desain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan desain. Pendekatan ini mengarahkan penelitian agar mampu melihat proses kreatif pada pembuatan motif batik fraktal. Penelitian ini dilakukan di Piksel Indonesia dan Kampung Wisata Dago Pojok, Bandung.
Hasil dari Penelitian sebagai berikut: (1) Proses kreatif pembuatan motif Batik Fraktal telah memanfaatkan teknologi pengolahan digital membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam pengolahan desain motif batik; (2) dari segi penciptaan motif, Batik Fraktal memiliki inspirasi dan filosofi tertentu dalam penciptaan suatu bentuk motif batik, cakupan inspirasi Batik Fraktal lebih luas sehingga visual yang dapat diolah lebih kaya; (3) jBatik sebagai teknologi olah rupa digital membawa warna baru dalam inovasi dan kreasi yang segar untuk mendorong batik agar lebih maju, tidak melulu konsvensional tetapi mampu menerobos batas-batas yang ada sehingga menjadi suatu karya seni batik yang lebih kekinian. Visual batik fraktal yang dihasilkan dengan jBatik telah mampu menghasilkan suatu varian motif batik yang sama sekali baru.
Kajian Batik Fraktal melalui pendekatan desain Teknologi Desain ini mengulas prinsip yang mendasari teroperasinya sesuatu atau system melingkupi desain pada jBatik sebagai software pembuatan motif Batik Fraktal (Yasraf A.P., 2010: ix).
Kata kunci: Batik Fraktal, jBatik, Olah Rupa Digital.