Abstrak


Evaluasi pelaksanaan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (uppks) di Desa Mojogedang, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Tri Setiarini - D0308088 - Fak. ISIP

Program UPPKS bertujuan untuk membangun ketahanan ekonomi keluarga dan masyarakat melalui kemampuan wanita dalam rangka mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan UPPKS di Desa Mojogedang, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.Untuk melihat tujuan dan tindakan dari anggota kelompok UPPKS ini, digunakan teori tindakan sosial dari Max Weber.
Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Mojogedang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan UPKKS di Desa Mojogedang.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product).Data bersumber dari informasi yang diperoleh langsung dari informan, dokumen, buku dan arsip.Teknik pengumpulan data digunakan wawancara dan dokumentasi.Pemilihan informan dipilih secara purposive, dalam hal ini informan dipilih karena dianggap paling mengetahui dan secara langsung berkaitan dengan pelaksanaan UPPKS. Informan berjumlah 10 (sepuluh) orang,terdiri dari 3 (tiga) orang yang bekerja di BP3AKB Kecamatan Mojogedang, 2 (dua) orang sub PPKBD untuk Desa Mojogedang dan 5 (lima) orang anggota kelompok UPPKS. Data dianalisis dengan analisis model interaktif yang menggunakan komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data digunakan teknik triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara garis besar pelaksanaan UPPKS di Desa Mojogedang dibagi menjadi 5 kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain sosialisasi, pembentukan kelompok, permodalan, pemasaran dan pembinaan. Dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut diketahui terdapat beberapa kendala.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut pihak BP3AKB Kecamatan Mojogedang bekerjasama dengan BP3AKB Kabupaten Karanganyar serta pengurus kelompok UPPKS agar tidak ada kendala-kendala lagi dalam pelaksanaan UPPKS di Desa Mojogedang dan tujuan dari program UPPKS dapat dicapai secara maksimal.
Kata Kunci: Evaluasi, UPPKS, Keluarga