Abstrak


Pengolahan Terbitan Berkala Di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta


Oleh :
Choirul Noor Rhoqim - D1812019 - Fak. ISIP

Terbitan  berkala  sebagai  salah  satu  koleksi  diperpustakaan  mempunyai karakteristik  tersendiri.  Terbitan  berkala  merupakan  salah satu  publikasi  yang menyampaikan kabar, berita keilmuan, kejadian penting dalam bidang ekonomi, politik dan hal-hal lain yang menarik dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Keaktualan muatan yang terkandung dalam terbitan berkala misalnya, menuntut kecepatan pengolahan sebagai temu kembali informasi agar cepat sampai dan digunakan oleh pemakai informasi.
Dalam melakukan penelitian Pengolahan Terbitan berkala di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, penyusun menggunakan Metode Penelitian; Studi Pustaka, Metode Wawancara, Pengamatan, Dokumentasi, serta Observasi.
Dalam Tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses pengolahan terbitan berkala di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta adalah; Pemeriksaan, Pemberian Cap tanda, Pencatatan, Pemajangan. 2) Hambatan yang mungkin dijumpai dalam pengolahan terbitan berkala adalah: Belum tersedianya layanan OPAC membuat pengunjung kesulitan dalam mengakses informasi, Sumber daya manusia, serta Sistem yang masih manual.

Supaya pengelolaan Terbitan berkala di UPT Perpustakaan Institut Seni  Indonesia  Yogyakarta menjadi lebih baik, penulis berharap pihak perpustakaan mampu memperbaharui perangkat lunak agar mempermudah pemustaka dalam penelusuran informasi, adanya penambahan tenaga kerja supaya dapat membuat katalog terbit dan membuat indek artikel, kemudian diberikannya fasilitas tempat fotocopy agar mempermudah petugas dalam mengelola terbitan berkala seperti memperbaharui sampul maupun dimanfaatkan sebagai penunjang pemustaka bagi keperluan memfotocopy.

Kata Kunci : Pengolahan Terbitan Berkala, Terbitan berkala