Abstrak


Hubungan antara persepsi perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas x ips sma negeri 2 Magelang tahun pelajaran2014/2015


Oleh :
Rennisa Anggraeni - K8411061 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Persepsi Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Sosiologi, (2) Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi, (3) Hubungan antara Persepsi Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelasi. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015, sebesar 228 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 45 siswa. Data tersebut dikatakan valid karena memiliki item soal memiliki r > 0,349. Untuk data yang tidak valid terwakili oleh indikator. Reliabilitas data dapat diketahui karena variabel Persepsi Perhatian Orang Tua dengan memiliki a sebesar 0,916 dan variabel Kedisiplinan Belajar memiliki a sebesar 0,925. Teknik pengumpulan data pokok dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis statistik korelasi regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan pada variabel Persepsi Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Kedisiplinan Belajar terhadap variabel Prestasi Belajar Sosiologi. (3) Terdapat hubungan positif pada variabel Persepsi Perhatian Orang Tua dan variabel Kedisiplinan Belajar dengan variabel Prestasi Belajar Sosiologi. Dengan demikian Sumbangan Efektif variabel Persepsi Perhatian orang tua sebesar 36,59%, sedangkan variabel Kedisiplinan Belajar memiliki Sumbangan Efektif sebesar 44,41%. Sehingga kedua variabel tersebut memiliki Sumbangan Efektif sebesar 81% terhadap Prestasi belajar Sosiologi. Sisanya 19% tidak diketahui dalam model penelitian ini.
Kata kunci : persepsi perhatian orang tua, kedisiplinan belajar, prestasi