Abstrak


Penyelesaian simetri spin persamaan dirac dengan potensial p ¨schl-teller termodifikasi dan potensial non-sentral scarf ii trigonometrik menggunakan asymptotic iteration method (aim)


Oleh :
Beta Nur Pratiwi - M0211012 - Fak. MIPA

Penyelesaian dari persamaan Dirac kombinasi potensial P ¨schl-Teller termodifikasi dan potensial non-sentral Scarf II trigonometrik untuk kondisi spin simetri yaitu kondisi dimana potensial skalar sama dengan potensial vektor dipelajari dan diselesaikan menggunakan Asymptotic Iteration Method (AIM). Kombinasi dari kedua potensial disubtitusikan ke dalam persamaan Dirac tak bergantung waktu, kemudian dilakukan pemisahan variabel menjadi bagian radial dan anguler. Persamaan bagian radial dan anguler diselesaikan dengan mereduksi menjadi persamaan perantara hipergeometri, untuk selanjutnya diselesaikan mengikuti AIM. Dengan AIM, persamaan spektrum energi relativistik dan persamaan bilangan kuantum orbital dapat diperoleh, dimana keduanya saling berkaitan antar bilangan kuantum. Spektrum energi diselesaikan pula secara numerik menggunakan sofware Matlab 7.1, dimana kenaikan bilangan kuantum radial menyebabkan penurunan spektrum energi. Fungsi gelombang bagian radial dan bagian anguler ditentukan dalam bentuk fungsi hipergeometri dan divisualisasikan dengan software Matlab 7.1. Hasilnya menunjukkan bahwa gangguan yang dilakukan potensial non-sentral Scarf II trigonometrik mengakibatkan perubahan pada fungsi gelombang bagian radial dan fungsi gelombang bagian anguler.
Kata kunci: persamaan Dirac, potensial Pöschl-Teller termodifikasi, potensial Scarf II trigonometrik, Asymptotic Iteration Method (AIM).