Abstrak


Hubungan terpaan iklan politik di televisi dan gaya kepemimpinan dengan elektabilitas Jokowi-Jk (Studi Korelasi Terpaan Iklan Politik Jokowi-JK Di Metro TV Terhadap Elektabilitas Jokowi-JK Pada Mahasiswa FISIP D3 Komunikasi Terapan Angkatan 2013 UNS Sur


Oleh :
Muhammad Fadhil - D.1211051 - Fak. ISIP

Iklan politik adalah kegiatan mempromosikan diri dengan citra baik di hadapan masyarakat dengan adanya unsur-unsur politik untuk tercapainya tujuan tertentu. Gaya kepemimpinan adalah pola-pola yang bervariasi dari tingkah laku yang diinginkan pimpinan selama proses pengarahan dan mempengaruhi menuju sasaran bersama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan politik Jokowi-JK dan gaya kepemimpinan dengan elektabiltas Jokowi-JK pada mahasiswa FISIP D3 Komunikasi Terapan angkatan 2013UNS Surakarta.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei, penelitian yang mengambil sampel dari dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Didalam penelitian survei ini, metode yang digunakan adalah metode Explanatory research, yaitu apabila untuk data yang sama peneliti menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FISIP D3 Komunikasi Terapan Angkatan 2013 UNS Surakarta. Besaran sampel yang digunakan yaitu 78 orang responden dari total populasi yaitu 124 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling.
Pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman. Dari hasil analisis korelasi Spearman diperoleh hasil bahwa hubungan antara terpaan iklan politik Jokowi-JK dan gaya kepemimpinan secara simultan dan elektabilitas Jokowi-JK sebagai Capres dan Cawapres 2014 adalah hubungan linier positif yang kuat. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi antara ketiga variabel yaitu variabel control (z) gaya kepemmpinan, variabel independen (x) terpaan dan variabel dependen (y) tingkatelektabilitas sebesar 0,803 dengan nilai probabilitas 0.00 signifikan 0,01 (2 tailed). Nilai tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tinggi terpaan iklan politik Jokowi-JK maka tingkat elektabilitas Jokowi-JK sebagai Capres dan Cawapres 2014 juga akan semakin tinggi yang dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan.