Abstrak


Tinjauan tentang dalil hukum hakim mengabulkan sebagian permohonan praperadilan oleh tersangka tentang penahanan yang tidak sah oleh kepolisian resor sumbawa besar dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga (studi kasus putusan pengadilan negeri sumbawa b


Oleh :
Cahyo Galang Satrio - E0010082 - Fak. Hukum

Penelitian Hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dalil hukum Permohonan Praperadilan tentang sah atau tidaknya tindakan penahanan oleh Kepolisian Resor Sumbawa Besar dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga dengan ketentuan KUHAP. Adapun kajian selanjutnya mengenai kesesuaian dalil hukum Hakim yang mengabulkan sebagian Permohonan Praperadilan oleh Tersangka tentang tidak sahnya tindakan penahanan oleh Kepolisian Resor Sumbawa Besar dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga dengan ketentuan KUHAP.
Penelitian hukum ini termasuk penelitian hukum normatif, bersifat preskiptif dengan menggunakan sumber bahan-bahan hukum, baik yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan cara studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalil hukum Permohonan Praperadilan mengenai sah atau tidaknya penahanan oleh Kepolisian Resor Sumbawa Besar dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga yang diajukan oleh Kuasa Pemohon tidak sesuai dengan ketentuan KUHAP dan Dalil hukum Hakim Praperadilan dalam mengabulkan sebagian Permohonan Praperadilan yang diajukan oleh Tersangka tentang tidak sahnya penahanan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Sumbawa Besar dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga tidak sesuai dengan ketentuan KUHAP.
Kata kunci: Permohonan Praperadilan, sah atau tidaknya penahanan, Dalil Hukum Hakim.